Seberapa Efektif Pemasaran Melalui Event Organizer

Seberapa Efektif Pemasaran Melalui Event Organizer
Seberapa Efektif Pemasaran Melalui Event Organizer

Di Indonesia ini memiliki banyak sekali produk yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari seakan sudah menjadi produk yang wajib untuk digunakan atau dikonsumsi. Dengan banyaknya produk yang ditawarkan membuat perusahaan akan saling bersaing dengan competitor untuk mendapatkan konsumen loyal.

Seringkali perusahaan membuat event atau mengikuti event organizer untuk melakukan pemasaran secara langsung dengan konsumen. Dengan event ini bisa saja membuat penjualan meningkat atau bahkan merugi tidak sesuai keinginan. Event yang dibuat ini bisa beragam seperti event pakaian Jakcloth dan Kickfest, event kuliner seperti Pesta Rakyat, Cullinary Days, Pekan Raya Jakarta, event travel perjalanan seperti Travel Fair, event musik, event bazar, dll.

Lalu seberapa efektif pemasaran melalui event organizer?

Pemasaran secara langsung melalui event ini bisa dicoba karena perusahaan akan berinteraksi langsung dengan konsumen sehingga bisa mendapatkan informasi yang banyak untuk mengembangkan perusahaan sesuai permintaan konsumennya.

Sebuah event akan selalu banyak diminati dan biasanya akan selalu dinanti oleh banyak masyarakat. Karena event ini biasanya akan memberikan penawaran yang sangat menarik bagi seluruh konsumennya sehingga banyak sekali yang akan menghadiri sebuah event.

Selain penjualan secara langsung, tentu adanya event tersebut untuk melakukan branding produk agar dikenal oleh banyak masyarakat. Dengan brand baru lalu pengenalan melalui sebuah event akan menunjukkan kemampuannya dalam bersaing dengan brand besar lainnya yang terdapat dalam event yang sama.

Pemasaran melalui event ini bisa saja menjadi efektif jika event yang dibuat sudah menjadi acara tiap tahun karena masyarakat pasti akan mengunjungi dan siap untuk membeli banyak produk yang dijual secara langsung.

Namun bisa saja merugi karena event yang kurang menarik dan tidak memberikan kesan positif kepada pengunjung. Seakan event seperti ini akan seringkali dihindari karena kurangnya peminat dan kurang sesuai dengan keadaan saat ini.

Dengan adanya event tentu membuat pemasaran menjadi lebih efektif karena konsumen dapat menentukan produk yang sesuai dengan keinginannya. Selain itu produk yang ditawarkan pada saat event akan jauh lebih menarik dan biasanya hanya dibuat khusus untuk event tersebut.

Event ini bisa dibuat sendiri atau mengikuti acara event yang dibuat oleh promotor. Event yang dibuat sendiri biasanya dibuat untuk membuat konsumen semakin nyaman dan loyal terhadap suatu produk. Sedangkan event yang dikelola oleh promotor biasanya dibuat untuk membuat banyak produk dari berbagai perusahaan atau brand diperkenalkan secara langsung dan konsumen bisa menilai langsung kualitas produk yang ditawarkan.

Untuk event yang dibuat sendiri tentu akan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mengikuti event dari promotor. Namun event sendiri jauh lebih efektif karena tidak akan memiliki kompetitor selama event berjalan.

Dalam ilmu marketing bahwa event bisa membuat pemasaran menjadi lebih efektif. Karena adanya event ini dikhususkan untuk melakukan branding produk secara langsung bukan pada penjualan. Dari branding yang semakin mudah dikenal oleh banyak konsumen akan membuat peningkatan penjualan setelah event berlangsung. Pada saat event pun tentu memiliki target peningkatan penjualan dan membuat produk semakin laku pada saat event.
Seberapa Efektif Pemasaran Melalui Event Organizer Seberapa Efektif Pemasaran Melalui Event Organizer Reviewed by Rasa Manis on 22.29 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.