Lakukan Perubahan Strategi Marketing Bikin Penjualan Meningkat

Lakukan Perubahan Strategi Marketing Bikin Penjualan Meningkat
Lakukan Perubahan Strategi Marketing Bikin Penjualan Meningkat

Penjualan masih tetap segitu? Atau malah menurun?

Jika penjualan masih tetap stabil berarti penjualan masih berada di zona aman, namun bagamana jika penjualan mengalami penurunan? Lakukan perubahan strategi marketing bikin penjualan meningkat dan stabil terus.

Naik turunnya permintaan konsumen berpengaruh terhadap penjualan sehingga mengakibatkan keadaan perusahaan pun akan berubah menjadi tidak stabil. Sehingga untuk menjaga penjualan berada di zona nyaman ini harus memiliki strategi marketing yang baik.

Dengan mengalami naik turunnya permintaan konsumen ini ada baiknya untuk melakukan perubahan strategi marketing. Melakukan perubahan ini untuk mengembangkan pemasaran menjadi lebih baik kembali ke zona nyaman dan juga untuk meningkatkan penjualan lebih banyak.

Bahkan selain karena penjualan yang turun, seiring dengan zaman yang terus berkembang pun maka tetap harus melakukan perubahan strategi marketing. Perubahan ini dilakukan untuk terus mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Di zaman sekarang ini banyak sekali perusahaan yang sudah melalukan banyak sekali perubahan strategi marketingnya. Bahkan banyak sekali perusahaan yang jauh lebih berkembang pesat setelah melakukan perubahan strategi marketing dengan mengikuti perkembangan.

Salah satu strategi pemasaran ini yang sudah banyak sekali digunakan bahkan dapat menjadi wadah untuk memperoleh informasi dan data baru langsung dari konsumen kepada perusahaan, seperti :

Menggunakan Media Sosial


Facebook, twitter, Instagram, dan media sosial lainnya ini sudah mampu membantu banyak dalam mengembangkan dan meningkatkan penjualan. Banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan media sosial ini memudahkan perusahaan juga dalam mendaatkan konsumen bahkan berinteraksi langsung untuk mengetahui pendapat konsumen dalam berbagai hal seperti minat konsumen, pelayanan, kualitas produk, harga, dll.

Menggunakan Marketplace


Sudah bukan rahasia lagi jika adanya marketplace ini mampu menjadi wadah yang paling baik untuk penjual dan juga pembeli. Di marketplace ini tentu saja konsumen sudah pasti ada dan mencari produk yang dibutuhkan. Untuk itu bahkan banyak sekali perusahaan yang menjalin kerjasama dengan marketplace sebagai media pemasarannya. Marketplace ini wadah yang sangat ekonomis sekali bahkan lebih banyak menguntungkan untuk penggunanya baik penjual maupun pembeli. Sebagai penjual mungkin marketplace menjadi wadah dalam mendapatkan konsumen dengan mudah tanpa harus menggunakan jasa iklan untuk mempromosikan produknya dan sebagai pembeli bisa memperoleh produk yang diinginkannya yang jauh lebih banyak model dan variasinya bahkan hingga gratis ongkir.

Menggunakan Ads Google


Penggunaan Advertise / Ads ini jelas banyak sekali digunakan oleh perusahaan karena akan jauh lebih memudahkan untuk berada di halaman pertama pencarian. Penggunaan Ads ini tentu berbayar, bahkan akan sangat sulit bersaing jika hanya mengandalkan SEO saja karena jangkauan dari Ads Google ini jauh lebih luas dan bisa langsung tertuju ke konsumen. Namun dalam menentukan target yang diinginkan ini tentu saja tidak mudah, melainkan harus memahami kriteria konsumen yang ditargetkan harus sesuai dengan Ads Google yang akan dijangkaunya.

Itu adalah berberapa perubahan strategi marketing berdasarkan media pemasaran yang jauh lebih kekinian dalam menjangkau konsumen lebih banyak lagi. Selain itu dalam melakukan perubahan stragtegi marketing ini tidak hanya melalui media pemasarannya saja, bisa dengan cara lainnya, seperti :

Inovasi Produk


Produk menjadi penentu apakah dapat diterima oleh masyarakat untuk keberlangsungan sebuah strategi pemasaran kedepannya. Melakukan inovasi produk tentu saja untuk membuat daya tarik konsumen lebih banyak. Inovasi produk ini jauh lebih mudah namun berbeda jika menciptakan produk baru yang dirasa akan lebih sulit untuk diterima oleh masyarakat secara merata.
Dalam melakukan inovasi produk tentu harus dapat tetap menjaga ciri khas dari produk tersebut, contohnya seperti produk keripik kentang yang dengan inovasinya memberikan varian rasa yang banyak tanpa menghilangkan ciri khasnya bahwa produk tersebut tetaplah keripik kentang.

Promosi Menarik Dan Berkala


Melakukan promosi sudah pasti selalu dilakukan dalam meningkatkan penjualan. Promosi yang berbeda dan menarik tentu saja bisa membuat konsumen akan menantikan produk yang diinginkan. Selama masa promosi ini tentu saja untuk meningkatkan penjualan yang lebih besar. Promosi berkala juga bisa menjadi pilihan dalam meningkatkan penjualan. Biasanya promosi berkala ini dilakukan di momen tertentu yang dapat meningkatkan penjualan seperti lebaran dan akhir tahun.

Mengetahui Periode Turunnya Penjualan


Dalam setahun tentu saja akan ada periode masanya penjualan mengalami kenaikan dan penurunan. Untuk itu perlu diketahui periode penurunan penjualan yang disebabkan karena minat konsumen yang menurun. Minat konsumen bisa menurun karena berbagai faktor seperti adanya kebutuhan anak sekolah, hari raya idul adha, dll.

Spesifikan Target Konsumen


Konsumen menjadi tujuan utama dari sebuah produk. Namun banyak sekali yang kurang dapat menentukan target konsumen yang lebih spesifik seperti laki-laki atau perempuan, remaja atau dewasa, bayi atau anak-anak, dll. Karena banyak sekali yang menargetkan seluruh kalangan masyarakat tanpa mengetahui kebutuhan yang diperlukan konsumennya. Sehingga penjualan menjadi tidak efektif yang menyebabkan produk yang dijual tidak dapat diterima oleh banyak masyarakat atau tidak sesuai keinginan konsumen.

Membuat Konten Viral


Konten viral sepertinya sudah menjadi daya tarik sendiri di masa sekarang dimana hal kecil pun bisa menjadi menarik banyak rasa penasaran masyarakat. Bahkan dengan konten viral ini bisa meningkatkan penjualan menjadi lebih banyak dan dicari oleh banyak konsumen. Banyak sekali konten viral yang menarik bahkan bisa menjadi peluang usaha dalam memanfaatkan viralnya dari sebuah produk seperi es kepal, pisang nugget yang dilumuri saus coklat dengan berbagai topping, dll.

Untuk itu lakukan perubahan strategi marketing bikin penjualan meningkat dengan terus mencoba berbagai strategi marketing yang cocok dengan keadaan saat ini. Karena dalam kurun waktu tertentu saja akan mengalami perubahan zaman yang dimana minat konsumen pun akan terus berubah.

Dalam ilmu marketing untuk terus selalu mencoba dan mengembangkan strategi marketing untuk terus dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Memiliki produk yang baik menjadikan kemudahan dalam menciptakan produk baru dengan strategi pemasaran yang sama dapat dilakukan denga strategi sebelumnya.
Lakukan Perubahan Strategi Marketing Bikin Penjualan Meningkat Lakukan Perubahan Strategi Marketing Bikin Penjualan Meningkat Reviewed by Rasa Manis on 11.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.