Manfaatkan Ramadhan Untuk Meningkatkan Penjualan

Manfaatkan Ramadhan Untuk Meningkatkan Penjualan
Manfaatkan Ramadhan Untuk Meningkatkan Penjualan
Bulan ramadhan memang bulan yang penuh berkah bagi siapapun yang terus berusaha untuk mencari berkah itu sendiri. Banyak sekali orang yang memanfaatkan bulan ramadhan untuk berbagi dan juga belajar menjadi lebih baik.

Selain itu dalam bulan ramadhan ini menjadi bulan yang dapat menguntungkan bagi siapapun, khususnya bagi para pelaku pemasaran. Sebagai pelaku pemasaran, bulan ramadhan ini menjadi bulan yang paling dinanti karena dapat untuk meningkatkan penjualan.

Memanfaatkan ramadhan untuk meningkatkan penjualan ini menjadi salah satu strategi marketing yang paling banyak digunakan baik oleh perusahaan, distributor, pedagang, dan pelaku pemasaran lainnya.

Meningkatnya permintaan konsumen untuk kebutuhan hari raya menjadi salah satu penyebab meningkatnya penjualan. Selama hari raya ini banyak sekali kebutuhan yang akan dibeli oleh masyarakat dari sandang, pangan, papan pun pasti menjadi kebutuhan untuk dibeli.

Bulan ramadhan selalu menjadi waktu yang tepat dalam meningkatkan penjualan yang bahkan bisa mencapai 3x lipat dari biasanya. Banyak sekali produk yang dapat dijual selama bulan ramadhan ini bahkan produk-produk yang jarang sekali dibutuhkan pun akan menjadi laku disaat bulan ramadhan.

Memanfaatkan bulan ramadhan ini penting, namun perlu dipersiapkan sejak jauh hari untuk dapat memenuhi permintaan konsumen. Ketersediaan stok yang mencukupi menjadi salah satu faktor yang wajib terpenuhi. Terlebih disaat hari raya lebaran, akan sedikit sekali yang berjualan bahkan perusahaan dan distributor pun sudah tidak beroperasi lagi.

Menjaga ketersediaan stok barang menjadi yang paling utama dalam pemasaran di bulan ramadhan ini. Permintaan yang tinggi karena kebutuhan konsumen yang semakin banyak ini menjadikan perusahaan dan distributor harus dapat menyediakan stok yang jauh lebih banyak dan mendistribusikan secara merata.

Selama bulan ramadhan ini akan tidak setiap harinya mengalami kenaikan penjualan, melainkan secara bertahap dalam penjualan yang semakin meningkat. Di minggu pertama dan kedua ini biasanya penjualan masih normal karena masih awal ramadhan masih seperti biasanya. Memasuki minggu ketiga dan keempat hingga hari raya ini menjadi waktu yang akan terasa sekali meningkatnya penjualan.

Minggu ketiga dan keempat hingga hari raya ini banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan kebutuhan untuk lebaran. Dan diwaktu ini dimana masyarakat yang bekerja biasanya mulai mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) yang menjadi penghasilan tambahan. Sehingga daya beli masyarakat semakin tinggi.

Bulan ramadhan ini bulan yang menjadi penuh berkah, dimana semua orang khususnya yang beragama muslim melakukan ibadah puasa dan bahkan orang-orang non-muslim pun banyak sekali yang ikut berbagi rejeki di bulan ramadhan. Sikap toleransi antar agama ini membuat seluruh masyarakat diuntungkan dimana mungkin orang non-muslim yang menjadi bagian dari pelaku pemasaran pun terkena dampak dari meningkatnya penjualan selama ramadhan.

Penerapan strategi ilmu marketing yang baik digunakan di bulan ramadhan ini bisa berdampak sangat besar bagi siapapun juga. Selain meningkatnya penjualan, trend positif yang didapatkan karena dapat memenuhi permintaan konsumen juga menjadi salah satu nilai lebih bagi seluruh pelaku pemasaran dan itu dapat menjaga loyalitas konsumen terhadap suatu brand yang sudah dipercaya oleh konsumen.
Manfaatkan Ramadhan Untuk Meningkatkan Penjualan Manfaatkan Ramadhan Untuk Meningkatkan Penjualan Reviewed by Rasa Manis on 12.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.