Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat

Ke Raja Ampat Gratis? Mimpi aja dulu, kan sama sama gratis juga.

Jalan-jalan di sosial media setiap hari, sampai akhirnya nemuin berita dari detikcom yang menawarkan #TiketKemanapun buat perjalanan liburan gratis ke Raja Ampat. Ya jangan menunggu lama lagi untuk mengambil kesempatan itu. Lagian yang boleh ikutan juga bebas mau siapa pun itu cewek cowok selama masih memiliki keinginan buat travelling ke Raja Ampat yah ikutan saja.

Impianku di Raja Ampat sudah pasti banyak sekali bukan cuma satu dua aja. Ada penawaran buat travelling gratis ke Raja Ampat seperti membangunkan mimpi dari tidur panjang untuk menuju Raja Ampat. Ikutin seluruh ketentuannya dan berusaha dengan sejuta keberuntungan untuk bisa beneran bangun tidur di Raja Ampat.

Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi banyak banget yang mau diwujudkan disana. Buat pertama kalinya menginjakan kaki di tanah Indonesia Timur yang bakal kerasa banget perbedaan waktu yang bakal gue dapetin nanti itu menjadi kesan pertama pergi ke tempat yang waktunya lebih cepat dari Jawa Barat.

Dan buat first time gue bisa landing di Kota Sorong Papua dengan kekuatan handphone jadul yang memaksakan untuk mengakses tiket.com ini untuk mencari tiket buat menikmati liburan ke Raja Ampat semakin dekat. Dan petualangan gue pun dimulai yang udah bukan lagi dalam mimpi kalau memang sudah di Papua.

Yang Pertama, Terima Kasih

Mungkin akan berterimakasih dan bersyukur banget kalau gue lagi engga tidur bisa pergi kesana. Terus gue mau mencari makanan yang memang khas daerah sana, mungkin kuliner yang jauh dari berbeda dari tempat tinggal gue sendiri. Banyak banget mungkin kuliner yang bisa gue dapetin disana nantinya. Untuk beberapa kuliner yang menurut gue extreme gitu kayanya boleh dicoba tapi pas gue udah tidur aja jadi kalau kenapa-kenapa gue tinggal bangun aja dan sadar kalau gue baru aja mimpi. Iya tinggal bayangin aja atau cari sendiri kuliner extreme apa aja yang ada disana.

Lanjut perjalanan gue ke Raja Ampat pastinya dong, karena belum pernah banget ke Raja Ampat jadi buat ngebayangin Raja Ampat itu kaya gimana, ya udah download dulu aja gambarnya pesona Raja Ampat yang bertaburan pulau-pulau kecil dengan jernihnya air laut yang biru kehijauan seperti itu dan gue yakin bisa untuk pergi kesana mewujudkan mimpi gue.

Satu

Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat
Ehh kan tadi udah pertama. Ya sudah berarti sekarang kedua, yang kedua ini gue pengen menikmati Raja Ampat dengan gugusan pulau-pulau yang bagus banget dengan naik kapal pinisi yang ada banyak layarnya ini biar bisa bikin foto yang instagramable banget.

Mudah-mudahan gue lagi engga tidur bikin tulisan ini karena harus ngebayangin mimpi gue bisa ke Raja Ampat. Karena gue emang belum pernah dan belum tau banget tentang geografisnya Raja Ampat kaya gimana jadi gue cuma bisa mimpi dulu aja kalau gue ingin keliling Raja Ampat dengan kapal pinisi menikmati perairan di antara pulau-pulau yang kelewatan banget beningnya.

Lanjut lagi sayang banget rasanya kalau sampai engga nyebur di Raja Ampat nanti. Mungkin snorkeling boleh, tapi scuba diving ini yang membuat gue pengen banget ngelakuinnya karena bisa lebih lama di dalam air dengan gelembung-gelembung oksigen yang terus berenang ke permukaan. Jadi mau itu snorkeling atau scuba diving pasti menyenangkan banget apalagi bisa sekaligus memberi makan ikan.

Yang Ketiga, Naik Kano

Tahukan kano itu seperti perahu kecil yang cuma buat satu penumpang doang. Ini yang gue mau cobain dari dulu naik kano menyusuri setiap pulau-pulau kecil di Raja Ampat dengan kano kecil sambil mendayung dengan tenang dan menikmati pemandangan alam sekitar yang tiada bandingannya dengan apapun itu.

Naik kano terus langsung nyebur lagi ke air dengan peralatan snorkeling kayanya enak banget secara udah nangung naik kano sendiri terus engga nyebur lagi sayang banget ini. Puas main di air, pindah mainnya ke daratan dan menyusuri setiap pulau yang ada di Raja Ampat pastinya.

Yang Keempat, Main

Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat
Dengan tiket.com gue ke Raja Ampat ini mau mencari pulau yang masih ada penduduk lokalnya. Dimana lagi kalau bukan di Pulau Batanta yang ada masyarakat lokalnya dan gue pengen bisa bertemu dan mungkin menginap disana beberapa hari ikut dengan aktivitas mereka juga.

Semoga dengan #TiketKemanapun gue bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar ini merupakan hal yang selalu gue lakukan sebagai pendatang. Kegiatan seperti ini gue lakukan sebagai bentuk meminta izin dan menghargai sebagai pendatang kepada tuan rumah yaitu masyarakat lokal itu sendiri bahwa tujuan gue sendiri kesana untuk bertamu dan menikmati suguhan alam yang hanya ada di Indonesia Timur.

Perbedaan bahasa daerah antara sunda dan papua akan menjadi menarik dalam komunikasi namun akan mudah dimengerti jika dalam satu bahasa yaitu bahasa Indonesia. Beruntungnya gue sebagai warga Negara Indonesia dengan keberagaman bahasa namun cukup dengan satu bahasa bisa menyatukan banyak sekali pulau-pulau di Indonesia.

Lanjut lagi, kalian engga mau gitu ikut beraktivitas dengan masyarakat sekitar di Raja Ampat?
Mungkin gue akan ikut dengan aktivitas masyarakat sekitar dan berharap bisa untuk membuat tenda disana. Bermalam di tenda dengan warga sekitar menikmati malam dengan berkumpul bersama yang penuh dengan canda dan tawa sebagai hiburan bersama juga yang ditemani dengan api unggun dengan taburan bintang di langit.

Suara kicauan burung yang membangunkan lelapnya dari tidur dan semoga masih engga mimpi kalau gue bisa bangun pagi di Raja Ampat. Mungkin dinginnya pagi saat nanti enak waktunya buat menikmati secangkir kopi panas dengan beberapa potong biskuit sebagai sarapan di pagi hari sebelum melanjutkan perjalanan keliling Raja Ampat lagi.

Bersiap kembali untuk melanjutkan perjalanan keliling Raja Ampat dengan kapal pinisi lagi mungkin, menjadi suatu pengalaman yang baru juga buat gue. Gue emang belum pernah banget naik kapal pinisi, paling juga cuma kapal biasa sama perahu doang itu juga di kebun binatang waktu gue masih kecil. Jadi di Raja Ampat ini kesempatan besar buat gue naik kapal pinisi sebagai transportasi gue di Raja Ampat.

Yang Kelima, Instagramable

Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat
Tempat ini emang pengen banget gue datangin, gue pengen banget foto-foto disana dan seluruh objek yang ada disana dan yang pasti fotonya harus instagramable banget. Memangnya engga kepingin gitu punya foto yang instagramable??

Puncak Harfat Jaya memang mengaharuskan buat pendatang mendaki sampai ke puncak kalau memang pengen bisa lihat Raja Ampat yang bagus banget. Dan ini bisa menjadi cerita yang menarik kapan lagi bisa mendaki disini sayang banget kalo ke Raja Ampat engga nyobain sensasi mendaki disini.

Selanjutnya ini Waigeo yang merupakan salah satu pulau terbesar di Raja Ampat yang ditemani dengan gugusan pulau-pulau kecil yang menjadi bagian dari keindahan Raja Ampat itu sendiri. Yang jelas gue pengen kesini karena gue pengen bisa dapetin foto terbaik disini sebagai hasil karya gue pribadi dan menjadi pembuktian gue sendiri kalau gue ke Raja Ampat pas lagi engga tidur.

Memangnya di Waigeo ini ada apa?

Kesalahan terbesar kalau engga jalan-jalan di Waigeo. Tahukan burung Cendrawasih asli Papua ini? Ini tempatnya kalau mau lihat burung-burung yang ada di Raja Ampat apalagi Cendrawasihnya yang kalau digambar aja udah keren banget apalagi bisa lihat langsung burung yang satu ini.

Teluk Kabui dan Cape Kri ini menjadi salah satu tujuan gue buat bisa dapetin foto yang instagramable banget. Buat di teluk kabui ini buat spot foto gue diatas kapal, dan Cape Kri buat spot foto gue di dalem air pastinya.

Yang Keenam, Ikan Besar Dan Phianemo

Ini yang gue pengen lakuin kalau lagi engga tidur, yaitu berenang bareng ikan besar yang ada di Raja Ampat. Ikan besar beneran dari laut bukan dari kolam tetangga, tapi ini beneran ikan besar secara Raja Ampat sudah kaya akuarium alami yang punya banyak sekali jenis ikan yang hidup disana. Dari yang kecil sampai yang besar juga ada disana.

Berenang bersama ikan besar di selat Dampier seperti pari manta, dan mungkin hiu juga rasanya seperti menyenangkan dan memberikan pengalaman yang belum tentu bisa dilakukan oleh siapapun juga. Dan bukan hanya ikan besar yang mau gue temuin tapi penyu juga yang memang sudah lama banget engga ketemu dengan makhluk satu ini.

Lanjut lagi ke phianemo, ini tempat kalau dibayangin tuh seperti apa yah? Gue bingung jelasinnya, pokoknya harus nyobain kesana yang banyak biota lautnya terus bisa lihat langsung terumbu karang secara air disini itu bening banget.

Yang Ketujuh, Malam

Gue pengen banget bisa bermalam di salah satu penginapan yang ada di Raja Ampat yang menghadap langsung ke arah laut lepas. Sambil menunggu senja gue pengen istirahat dengan secangkir kopi panas lagi sambil melihat matahari terbenam dibalik lautan dan menyisakan kilauan jingga yang menghiasi langit sore.

Buat gue mau bermalam dimana pun itu selama masih bisa buat memejamkan mata dan gue bangun lagi engga mimpi kalo masih di Raja Ampat gue menikmati itu semua. Dan gue sendiri memang belum tau mau nginep dimana lagi nanti kalau masih di Raja Ampat.

Banyak banget yang gue cobain buat nyari penginapan dan kebetulan handphone gue cuma ada aplikasi tiket.com yang biasa gue pakai buat resevasi tiket juga dan cari penginapan lainnya juga. Karena gue rasa aplikasi ini udah bisa mewakilkan semuanya apalagi buat kebutuhan travelling gue.
Dari penerbangan sampai penginapan juga gue bisa resevasi disini. Bahkan gue juga coba pakai ini aplikasi buat nyari tiket mudik lebaran nanti meskipun gue engga kebagian kehabisan mulu.

Dan gue bisa dapetin beberapa refensi penginapan kalau gue travelling ke Raja Ampat dari aplikasi ini. Dan gue juga bisa buat reservasi dan booking langsung dari kamar gue sendiri pastinya.

Yang Kedelapan, Bangun Dari Tidur

Woyy bangun!! tidur mulu, ngopi apa ngopi, diem diem bae.

Sepertinya Raja Ampat bukan lagi sekedar mimpi, karena gue bisa dapetin #TiketKemanapun buat bangunin gue kalau Raja Ampat itu beneran ada dan bukan cuma gambar Raja Ampat dari google yang gue liatin terus.

Gue sendiri engga tau dari Bandung pengen ke Raja Ampat mesti nyari penerbangan yang cocok menurut gue pribadi buat cepet sampai kesana. Dan lagi-lagi gue pakai lagi aplikasi dari tiket.com buat nyari penerbangan dari Bandung ke Raja Ampat dan ternyata itu engga ada sama sekali.

Gue coba refresh dan restart hanphone gue terus kalo gue lagi engga mimpi masa iya engga ada penerbangan dari Bandung yang langsung ke Raja Ampat. Dan memang kenyataannya engga ada sama sekali seakan membuat gue ingin tidur lagi dan kembali bermimpi lagi di Raja Ampat.

Selama gue tidur dan gue mimpi gatau kenapa ko mimpi gue jadi petunjuk bahwa gue bisa dapetin kesempatan #TiketKemanapun buat pergi ke Raja Ampat. Seakan gue kembali bangun dari tidur siang yang membuat ngantuk semalaman mencari penerbangan dari Bandung ke Raja Ampat langsung. Ternyata gue bisa ke Raja Ampat kalau dengan tujuan gue ke bandara yang ada di Sorong Papua.

Gue mencoba mencari keberangkatan dari beberapa bandara yang ada di Indonesia khususnya pulau Jawa. Gue coba terus membandingkan dari bandara yang ada di Jakarta, Jogja, Semarang, Surabaya dan Bali. Ternyata gue bisa dapetin penerbangan langsung menuju Sorong Papua melalui beberapa pilihan maskapai dengan keberangkatan dari Bandung.

Gue terus mencari dan mencari waktu yang paling cepat untuk sampai ke Raja Ampat dan gue menemukan salah satu pilihan yang menurut gue ini lebih baik. Dengan keberangkatan dari Bandung ke Semarang lalu lanjut lagi ke Makassar dan terakhir barulah ke Sorong Papua dengan waktu kurang dari 11 jam.

Dengan perjalanan ini gue bisa berangkat malam dan gue sampai di Papua udah pagi lagi dan lanjut dengan transportasi umum yang ada di Papua sana buat nganterin gue ke Raja Ampat.

Yang Kesepuluh, Story Telling

Yang kesembilannya mana? Skip aja biar cepet beres ini tulisan impian gue ke Raja Ampatnya.

Yang terakhir ini menjadi sebuah pengalaman yang memang engga akan bisa gue lupain kalau bisa mewujudkan mimpi gue ke Raja Ampat beneran. Dan mungkin menjadi semangat gue sendiri untuk terus aktiv menjadi penulis blog dengan sebagai cara gue untuk saling berbagi dengan teman-teman semuanya dan bisa menjadi motivasi buat pembaca gue juga untuk terus berusaha bisa mewujudkan mimpi-mimpinya.

Ehh iya gue lupa nyari tiket buat gue pulang lagi ke Bandung dengan selamat sentosa dan disambut ramah dengan keluarga. Ini adalah salah satu pilihan yang sulit antara gue harus kembali lagi atau gue engga balik sekalian. Karena sayang banget kalau gue harus dengan cepat meningggalkan Raja Ampat.

Karena udah nanggung dengan kekuatan ajaib #TiketKemanapun mau mimpi gue beneran diwujudkan tapi jangan lupa buat mengembalikan gue ke orang tua gue juga.

Ini si tiket.com ngajak gue liburan buat mewujudkan mimpi gue ke Raja Ampat terus mau ninggalin gue gitu aja disana. Gue sih yah seneng-seneng aja sih, selama masih di Indonesia semua tetap sodara dari ujung Indonesia Barat sampai ujung Indonesia Timur.

Kalau gue berangkat dari Bandung ke Raja Ampat langsung memang engga ada, berarti kemungkinan untuk balik dari Raja Ampat langsung ke Bandung juga engga ada. Kalau engga percaya cek sendiri aja sana di aplikasinya atau di website resminya.

Akhirnya gue mencoba dengan berbagai macam tujuan ke Indonesia Bagian Barat, dan tentu saja Jakarta yang menyediakan perjalanan langsung. Namun menurut gue ini masih terlalu lama, akhirnya gue dapetin perjalanan pulang dengan mampir dulu ke Surabaya dan lanjut langsung ke Bandung.

Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat

Dan akhirnya gue sampai di Bandung dengan selamat sentosa dan penuh dengan cerita pengalaman dan juga koleksi foto yang bakal gue posting di sosial media gue dengan gaya dan spot foto yang Instagramable pastinya dong.

Jadi mungkin itulah mimpi gue kalau bisa ke Raja Ampat dan gue bangun dari tidur lelapnya Raja Ampat. Bukan hanya cerita namun kecintaan gue sama travelling dan keindahaan alam Indonesia yang engga pernah ada abisnya.
Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat Bangun Dari Tidur Lelapnya Raja Ampat Reviewed by Rasa Manis on 07.12 Rating: 5