Pengertian Manajemen Penjualan Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Manajemen Penjualan Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Manajemen Penjualan Dalam Ilmu Marketing

Manajemen dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan sekali untuk keberlangsungan hidup perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki manajemen sendiri yang dilakukan untuk mengembangkan perusahaannya tersebut.

Manajemen ini banyak sekali seperti manajemen bisnis, manajemen pemasaran, manajemen penjualan, manajemen administrasi, manajemen operasional, manajemen lingkungan, dan manajemen lainnya untuk menjalankan sebuah perusahaan.

Dalam ilmu marketing ini tentu manajemen penjualan menjadi suatu manajemen dalam perusahaan yang memiliki peranan dalam keberlangsungan hidup perusahaan tersebut. Karena manajemen penjualan ini tentu akan selalu bersama dalam manajemen pemasaran.

Manajemen pemasaran ini tentu lebih kepada untuk membangun strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan penjualan, sedangkan manajemen penjualan ini tentu lebih kepada cara penjualan suatu produk kepada konsumennya langsung.

Untuk itu manajemen penjualan ini diperlukan untuk dapat mengetahui kemampuan suatu produk apakah dapat diterima oleh banyak konsumen atau hanya sebagian saja yang membutuhkan produk tersebut. Sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu apa itu manajemen penjualan dalam ilmu marketing ini.

Pengertian manajemen penjualan dalam ilmu marketing adalah suatu bentuk perencanaan, pengarahan, dan pengawasan personal selling, termasuk penarikan, pemilihan, perlengkapan, penentuan rute, supervise, pembayaran, dan motivasi sebagai tugas diberikan pada para tenaga penjualan (The Deffinition Jommittec of the American Marketing Assosiation).

Dalam manajemen penjualan ini tentu terdiri dari beberapa staff seperti adanya manajer, admin, dan pegawai. Tentu setiap bagiannya tersebut memiliki peranannya masing-masing. Dalam manajemen penjualan ini tentu lebih kepada pegawai yang dimana melakukan personal selling kepada konsumen.

Sedangkan manajer penjualan ini melakukan pengelompokan terhadap penjualan dari struktur organisasi sampai pembagian kerja kepada setiap bagiannya yang terdapat dalam manajemen penjualan tersebut.

Untuk itu manajer penjualan harus dapat membuat struktur organisasi dengan baik sehingga komunikasi dalam perusahaan khususnya manajemen penjualan ini dapat berjalan dengan baik. Peranan manajer penjualan ini tentu harus dapat memberikan informasi dan keputusan yang baik dan cepat untuk perusahaan sehingga penjualan dapat terus berjalan dengan baik.

Pada manajemen penjualan ini tentu harus memiliki tujuan yang akan dicapainya seperti besarnya target penjualan, besarnya keuntungan yang harus didapat, serta mengembangkan perusahaan. Untuk itu perkembangan perusahaan juga dipengaruhi oleh manajemen penjualan.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut diperlukan manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran dan manajemen penjualan akan selalu berdampingan dalam memasarkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Dengan adanya manajemen pemasaran ini tentu akan membuat penjualan yang semakin besar karena dengan adanya manajemen pemasaran ini berperan dalam menentukan pasar dan target penjualan suatu produk.

Jadi manajemen penjualan dalam ilmu marketing ini tentu lebih kepada personal selling penjualan langsung dengan konsumen yang didukung oleh manajemen pemasaran dalam menentukan pasar yang akan dicapai oleh perusahaan.

Dengan begitu manajemen penjualan dan manajemen pemasaran akan selalu bekerja sama dalam mengembangkan sebuah perusahaan. Terkadang kedua manajemen tersebut sudah menjadi satu manajemen namun masih banyak juga perusahaan yang membedakan kedua manajemen tersebut.

Untuk itu apakah kedua manajemen ini lebih baik menjadi satu atau menjadi dua manajemen saja?
Pengertian Manajemen Penjualan Dalam Ilmu Marketing Pengertian Manajemen Penjualan Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 21.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.