Pengertian Bank Syariah Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Bank Syariah Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Bank Syariah Dalam Ilmu Marketing

Pengertian bank syariah dalam ilmu marketing ini adalah bank yang menggunakan syariat islam dalam menjalankan kegiatan usaha perbankannya untuk menghindari adanya riba antara nasabah dan pihak bank itu sendiri.

Perbankan syariah atau perbankan islam adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hokum islam (Wikipedia).

Perbankan syariah ini tentu untuk membuat sistem perbankan dengan hokum islam karena dalam islam itu sendiri memiliki larangan untuk meminjam apalagi memungut pinjaman dengan menggunakan bunga pinjaman yang disebut dengan riba.

Bank syariah di Indonesia ini ada karena mayoritas masyarakat di Indonesia ini sendiri banyak kaum beragam islam. Sehingga bank syariah ini tentu masih memiliki peranan dalam perbankan di Indonesia untuk setiap masyarakat dalam perbankan.

Bank syariah seperti ini dalam kegiatannya sama saja dengan bank konvensional pada umumnya yaitu dapat meminjamkan, menyimpan, mengambil, dan kegiatan lainnya yang sesuai dengan prinsip hukum islam.

Perbankan syariah ini tentu sangat berbeda sekali dengan perbankan konvesional walaupun memiliki kesamaan dalam kegiatannya. Perbankan syariah ini hanya menjalankan kegiatan perbankannya hanya berdasarkan hokum islam selebihnya itu tidak dijalnkan karena dianggap melanggar aturan.

Bank syariah di Indonesia ini tentu sudah banyak sekali, bahkan bank konvesional pun membuat bank syariah untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya kaum muslim mulai menabung dan juga mengelola keuangannya sesuai dengan hukum islam.

Produk – produk yang ditawarkan oleh bank syariah ini tentu berbeda dengan bank konvensional.
Produk bank syariah ini berupa titipan atau simpanan, bagi hasil, jual beli, dan jasa.

Titipan atau simpanan ini seperti layaknya menabung pada bank konvensional pada umumnya. Lalu bagi hasil ini merupakan produk yang biasanya dilakukan oleh bank dan nasabahnya dalam membagi hasil secara adil.

Jual beli ini merupakan produk yang dimana pihak bank biasanya akan membeli suatu produk untuk kebutuhan nasabahnya. Kemudian dijual kembali kepada nasabahnya dengan menaikan harga produk tersebut dan nasabahnya dapat melunasi produk tersebut kepada bank sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Jasa pada perbankan syariah ini tentu lebih kepada sikap yang dilakukan oleh kedua pihak dalam menjalankan perbankannya. Biasanya pada jasa ini akan dilakukan akad untuk setiap tindakan antara pihak bank dengan nasabahnya dapat berjalan dengan baik dan masih dalam hukum islam.

Jadi dalam ilmu marketing ini setiap perbankan syariah yang ada di Indonesia dapat berjalan sesuai dengan hukum islam. Ini dilakukan untuk menghindari adanya kecurangan yang terjadi yang bisa melanggar aturan agama.

Selain itu perbankan syariah ini memiliki kegiatan yang sama namun tetap memiliki perbedaan dengan bank konvensional. Pengertian bank konvensional dalam ilmu marketing ini merupakan bank yang menjadi media untuk menyimpan, mengambil, meminjam dan mengelola keuangan secara umum dan sesuai aturan perbankan di Indonesia.
Pengertian Bank Syariah Dalam Ilmu Marketing Pengertian Bank Syariah Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 08.11 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.