Macam - macam Bank Dalam Ilmu Marketing

Macam - macam Bank Dalam Ilmu Marketing
Macam - macam Bank Dalam Ilmu Marketing
Pengertian bank dalam ilmu marketing adalah suatu tempat dimana seseorang atau perusahaan untuk menyimpan, mengambil, meminjam, dan mengelola keuangannya dengan aman dan dalam pengawasan badan keuangan.

Sebuah bank ini memiliki banyak sekali macamnya. Sehingga dapat dengan mudah untuk dikelompokkan. Macam – macam bank dalam ilmu marketing ini merupakan bank yang ada di Indonesia yang dapat dikelompokan berdasarkan fungsinya. Bank yang dikelompokan berdasarkan fungsinya ini terdapat 3 macam bank yang ada di Indonesia.

Macam – macam Bank Di Indonesia Berdasarkan Fungsinya Bank Sentral


Bank sentral ini merupakan bank yang hanya ada satu saja dalam sebuah Negara. Bank ini adalah Bank Indonesia dimana Bank Indonesia ini merupakan satu-satunya bank yang bertanggung jawab terhadap keuangan di Indonesia.

Bank Indonesia merupakan bank yang memiliki kewenangan untuk mengerdarkan uang dan juga untuk mencapai serta memelihara kestabilan nilai rupiah. Sehingga Bank Indonesia ini menjadi bank pusat dari seluruh perbankan yang ada di Indonesia.

Macam – macam Bank Di Indonesia Berdasarkan Fungsinya Bank Umum


Bank umum ini merupakan bank – bank yang ada di Indonesia yang berorperasi secara konvensional atau dengan prinsip syariah. Bank seperti ini bank yang memberikan pelayan yang sama terhadap seluruh nasabahnya.

Sehingga bank umum ini menjadi pilihan masyarakat dan perusahaan sebagai media untuk menyimpan, mengambil, meminjam, dan mengelola keuangannya. Selain itu juga bank umum ini lebih banyak memberikan pelayan kepada para nasabahnya dengan berbagai macam produk yang dikeluarkannya.

Setiap produknya tersebut memiliki keunggulannya masing – masing yang membantu setiap kegiatan trasaksi dari para nasabahnya. Terlebih untuk sebuah perusahaan tentu bank umum ini sangat membantu untuk menjaga keuangan perusahaan dan setiap transaksi yang terjadi yang mampu mecapai nominal transaksi yang begitu besar.

Macam – macam Bank Di Indonesia Berdasarkan Fungsinya Bank Perkreditan Rakyat (BPR)


Bank perkreditan rakyat (BPR) ini adalah bank yang melakukan setiap kegiatannya secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah seperti bank umum yang dalam setiap kegiatannya ini meberikan jasa dalam setiap kegiatan trasnsaksinya.

Jadi bank perkreditan rakyat ini menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan seperti deposito berjangka dan tabungan serta menyalurkannya dalam bentuk kredit bagi masyarakat terlebih dikhususkan kepada para pengusaha kecil untuk mengembangan usahanya.

Bank perkreditan rakyat ini memiliki cakupan yang lebih kecil dibandingkan bank umum. Karena lebih terfokuskan terhadap suatu wilayah saja sehingga dana yang ada juga terbatas hanya untuk wilayah tersebut saja.

Bank perkreditan rakyat ini bisa berupa koperasi, bank desa, perusahaan daerah, dllnya sesuai dengan peraturan pemerintah setempat.

Jadi bank yang ada di Indonesia ini terdapat tiga macam berdasarkan fungsinya. Bank sentral, bank umum dan bank perkreditan rakyat ini merupakan bank yang ada di Indonesia yang menyediakan pelayanan terhadap setiap kebutuhan nasabahnya dalam bertransaksi.

Akan tetapi bank Indonesia lebih kepada pengelolaan dan pengawasan terhadap perbankan yang ada di Indonesia. Dalam ilmu marketing ini bank di Indonesia memiliki tiga macam berdasarkan fungsinya yang memiliki peranannya masing-masing.

Sehingga masyarakat dan perusahaan tentu dapat menyesuaikan kebutuhannya terhadap perbankan akan menggunakan jasa perbankan yang mana kecuali bank sentral yaitu Bank Indonesia.
Macam - macam Bank Dalam Ilmu Marketing Macam - macam Bank Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.24 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.