Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing
Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing

Tabungan bank adalah produk bank yang melayani penyimpanan dan pengambilan dana yang dimiliki oleh nasabah namun tidak dapat dilakukan penarikan melalui produk bank lainnya seperti cek dan bilyet giro atau produk lainnya kecuali dengan menggunakan kartu debit yang diberikan oleh pihak bank sebagai alat untuk penarikan dalam mesin penarikan uang tunai (ATM).

Tabungan adalah sipanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan/ alat lainnya yang dipersamakan dengan itu, menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan (Wikipedia).

Jenis – jenis tabungan bank dalam ilmu marketing ini tentu ada banyak sekali. Dan tabungan bank ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Nasabah menginginkan tabungan yang seperti apa untuk menyimpan dan mengelola keuangannya di bank.

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Tabungan Konvensional


Tabungan konvensional ini merupakan tabungan umum yang bisa dimiliki oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Dan tabungan ini lebih mudah dijalankan karena nasabah bank biasanya hanya untuk menyimpan keuangannya saja.

Selain menyimpan juga tentu bisa untuk penarikan uangnya yang sudah melalui mesin penarik uang (ATM) dengan menggunakan kartu yang diberikan oleh bank. Untuk membuat tabungan bank ini tentu sangat mudah untuk membuatnya.

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Tabungan Berjangka


Tabungan berjangka ini adalah tabungan yang memiliki jangka waktu tertentu sehingga tidak dapat dilakukan penarikan sebelum masa waktunya. Jadi tabungan berjangka ini tidak seperti tabungan konvensional yang dapat dilakukan penarikan kapan saja.

Jadi tabungan berjangka seperti ini biasanya akan memiliki kesepakatan terlebiih dahulu untuk menetukan besaran jumlah uang yang akan ditabung dan juga mentukan jangka waktu untuk menabung baik itu 3 bulan, 6 bulan, 1  tahun, 3 tahu, atau lebih dari itu.

Tabungan berjangka seperti ini biasanya digunakan nasabah untuk dikelola keuangannya lebih baik sehingga mendapatkan keuntungan yang besar. Tabungan berjangka ini memiliki banyak sekali macamnya, seperti deposito, investasi, dan saham.

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Tabungan Ibadah Haji Dan Umroh


Jenis tabungan ini tentu dibuat dengan tujuan untuk kebutuhan ibadah umat islam untuk melakukan ibadah haji dan umroh. Besaran tabunga ibadah ini tentu disesuaikan dengan tujuan ibadah yang akan dilakukan oleh nasabahnya akan melakukan ibadah haji saja atau ibadah umroh atau ibadah keduanya haji dan umroh sekaligus.

Jadi tabungan ini biasanya jika nasabah sudah mampu mencapai batas minimal biaya ibadah sekitar 25juta rupiah, maka nasabah tersebut dapat mengajukan ke bank untuk mendaftar keberangkatan ibadah ke tanah suci.

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Tabungan Anak


Tabungan anak ini adalah tabungan yang khusus dibuat untuk anak – anak agar mau menabung di bank. Keuntungannya ini mengajarkan anak untuk dapat menyimpan uangnya agar kelaj untuk kebutuhan lainnya di masa datang baik untuk pendidikan atau untuk pengembangan bakat yang diminati anak, dll.

Tabungan anak ini tentu sekarang lebih mudah, banyak sekali bank di Indonesia yang menyediakan produk tabungan anak dengan setoran tabungannya dimulai dari 1000 rupiah yang tentunya lebih mudah dijangkau oleh anak – anak untuk menabung di bank.

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Tabungan Mata Uang Asing


Tabungan khusus ini dibuat untuk nasabah yang ingin menabung mata uang asing. Nilai mata uang asing ini sendiri tentu mampu mempengaruhi nilai rupiah (IDR) di Indonesia khususnya mata uang Dollar (USD).

Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Tabungan Giro


Tabungan giro ini berbeda dengan tabungan lainnya namum memiliki kesamaan dalam kegiatannya dengan tabungan konvensional. Namun tabungan giro ini kebih diperuntukan untuk kegiatan usaha dan bisnis. Karena tabungan giro ini dapat melakukan transaksi yang banyak dan dengan jumlah nominal yang besar juga.

Sehingga banyak sekali perusahaan dan pedagang besar menggunakan giro dalam menggunakan transaksi. Tabungan giro ini sendiri bisa melakukan transaksinya dengan menggunakan kertas surat cek atau bilyet giro. Dan setiap bulannya nasbah akan diberikan laporan keuangannya atas setiap transaksi yang terjadi selama satu bulan.

Setiap tabungan bank itu sendiri memiliki tujuannya masing – masing yang tentu disesuaikan dengan kebutuhan oleh nasabahnya sendiri. Dan bank juga dalam menerapkan ilmu marketing untuk menjalankan kegiatan perbankan sebagai wadah untuk menabung juga tentu dijalankan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia.

Jenis – jenis tabungan bank dalam ilmu marketing ini tentu dapat dijalankan baik oleh bank konvensional atau bank syariah. Perbedaan bank konvensional dan bank syariah dalam ilmu marketing ini tentu lebih jelas dari hukum dan tata cara perbankan yang berlaku di Indonesia dan bank syariah sesuai dengan Syariat Islam.
Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Jenis – jenis Tabungan Bank Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 18.24 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.