Proses Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing

Proses Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing
Proses Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing
Manajemen risiko dalam ilmu marketing merupakan manajemen yang mengelola risiko yang dihadpi oleh perusahaan sesuai dengan manajemennya.

Proses manajemen risiko ini merupakan proses dalam mengelola setiap risiko yang dihadapi oleh perusahaan. Dalam setiap risiko yang dihadapi oleh perusahaan tentu saja akan berdampak pada proses kerja dalam perusahaan.

Untuk itu perusahaan perlu untuk membuat pelatihan manajemen risiko untuk membuat manajemen dalam perusahaan dapat bekerja lebih baik. Sehingga dapat mendukung perusahaan dalam manajemen bisnis dan membuat manajemen waktu dengan baik.

Tahapan manajemen risiko meliputi mencari sumber penyebab, penanganan berupa solusi, dan menjaga manajemen tetap kondusif. Tahapan manajemen risiko tersebut tentu dilakukan dengan cara untuk mengatasi setiap manajemen risiko yang ada.

Proses manajemen risiko ini dilakukan melalui proses pencarian sumber risiko atau penyebab yang dihadapi oleh perusahaan. Sumber risiko ini bisa didapatkan dengan cepat jika telah diketahui divisi atau manajemen yang telah menyebabkan risiko pada perusahaan.

Contohnya seperti adanya keterlambatan pengiriman produk kepada konsumen, maka ini termasuk ke dalam risiko operasional. Sehingga manajemen operasional ini yang bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman yang berdampak risiko konsumen memilih produk kompetitor dan membatalkan pesanannya atau akan kembali memesan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Proses manajemen risiko selanjutnya yaitu mencari solusi untuk membuat risiko tidak berkepanjangan. Semakin cepat membuat keputusan untuk solusi maka risiko yang ditimbulakan dapat berkurang sedikit demi sedikit sehingga perusahaan dapat terus melayani konsumennya.

Jika terdapat risiko operasional karena adanya keterlambatan pengiriman, maka perusahaan harus dapat dengan memberikan solusi untuk kembali membuat pengiriman menjadi tepat waktu lagi.
Dalam risiko operasional tersebut perusahaan bisa saja menambah kurir jasa pengiriman atau bisa juga melakukan pengiriman terus setiap hari tanpa adanya libur untuk membuat pengiriman kembali normal dan tepat waktu sesuai pemintaan konsumen.

Proses manajemen risiko selanjutnya yaitu menjaga manajemen tetap kondusif sehingga dapat meminimalisir risiko yang akan dihadapi nanti. Karena risiko itu sendiri tidak dapat diprediksi kapan dan bagaimana ancamannya akan datang dan dampaknya akan seperti apa juga perusahaan tidak akan tahu.

Maka dalam setiap prosesnya tersebut perlu diketahui cara mengatasi manajemen risiko dalam ilmu marketing agar dapat proses manajemen risiko dapat terselesaikan. Cara mengatasi ini tentu untuk membuat setiap proses dapat berjalan dengan baik dan menghindari adanya kesalahan yang akan menimbulkan risiko baru.

Manajemen risiko ini bukan hanya terjadi pada manajemen operasional saja seperti contoh tersebut, melainkan dalam ilmu marketing saja dapat terjadi juga pada manajemen lainnya seperti manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen admin/staff, dan manajemen lainnya.
Proses Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing Proses Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 10.34 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.