Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing

Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing
Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing

Manajemen risiko ini merupakan suatu hal yang tidak diinginkan oleh perusahaan dalam setiap keputusan yang dibuat oleh perusahaan.

Manajemen Risiko Menurut Wikipedia


Suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.

Manajemen risiko perusahaan dalam ilmu marketing ini tentu suatu ancaman dari ketidakpastiannya respon dari konsumen terhadap suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain itu jika manajemen risiko ini juga merupakan suatu hal yang tidak terduga yang berdampak negative pada perusahaan.

Maka perusahaan perlu adanya manajemen risiko untuk mengelola setiap risiko yang ada. Manajemen risiko ini tentu membuat perusahaan dapat lebih mengelola setiap risiko yang ada dan yang akan datang dapat segera diatasi dengan cepat.

Manajemen risiko mampu membuat perusahaan menjadi memiliki penilaian yang kurang baik oleh konsumen. Itu dapat terjadi karena produk dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tidak sesuai yang diharapkan konsumennya.

Untuk perusahaan yang memiliki produk baru biasanya akan lebih memiliki risiko yang lebih besar karena produknya yang belum tentu dapat diterima oleh setiap kalangan masyarakat. Produk baru harus dilakukan branding dengan banyak dan tertarget sehingga produk baru tersebut dapat dicoba oleh konsumen.

Selain itu juga pelayanan kepada konsumen juga bisa menimbulkan risiko bagi perusahaan. Pelayanan yang kurang baik kepada konsumen tentu membuat perusahaan akan dinilai kurang baik dalam memberikan pelayanan oleh konsumennya.

Sehingga membuat konsumen akan lebih memilih produk lain yang memang memberikan pelayanan lebih baik. Dengan begitu adanya manajemen risiko ini untuk membuat setiap risiko yang ada untuk dikelola menjadi lebih baik dalam memuaskan konsumennya.

Kepuasan konsumen tentu menjadi acuan bagi perusahaan dalam mengahadapi risiko yang akan datang. Risko ini bukan hanya berada dalam lingkungan perusahaan saja, melainkan dari lingkungan lain pun tentu aka nada seperti hadirnya kompetitor yang memiliki produk yang sama dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Risiko dari lingkungan luar perusahaan tentu begitu besar karena akan seringkli terjadi persaingan dalam melakukan distribusi dan penjualan produk. Semakin sedikit kompetitor maka akan semakin ketatnya persaingan yang ada.

Untuk mengelola manajemen risiko ini diperlukan manajemen sistem informasi dalam ilmu marketing yang membuat komunikasi antar manajemen dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meminimalisir risiko yang dihadapi oleh perusahaan.

Dalam ilmu marketing ini bahwa risiko akan selalu ada dan menjadi suatu tantangan bagi perusahaan untuk terus mengembangkan bisnisnya dan bersaing secara sehat dengan competitor lainnya. Untuk mengetahui risiko yang ada tentu saja perlu diketahui terlebih dahulu penyebab yang menimbulkan risiko bagi perusahaan.

Penyebab risiko bagi perusahaan ini tentu saja harus ditelusuri oleh setiap manajemen yang ada dalam perusahaan sehingga tidak adannya saling menyalahkan antar manajemen yang ada dalam perusahaan.
Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing Manajemen Risiko Perusahaan Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.