Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing

Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing
Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing

Manajemen risiko dalam ilmu marketing merupakan manajemen yang lebih banyak mengerjakan persoalan risiko yang dihadapi oleh perusahaan. Dengan begitu risiko dapat diselesaikan dengan baik sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan atas suatu risiko tersebut.

Manajemen risiko ini tentu diperoleh dari lingkungan perusahaan dan juga lingkungan luar perusahaan. Risiko ini berasal dari setiap keputusan yang dibuat oleh perusahaan. Risiko itu sendiri ada yang dapat meberikan dampak buruk bagi perusahaan dan juga ada yang berdampak kepada sebagian kecil divisi yang ada.

Macam-macam manajemen risiko dalam ilmu marketing tentu akan terdapat banyak sekali risiko yang dihadpi oleh perusahaan. Dan setiap risiko dapat diselesaikan sesuai dengan manajemen dan divisi yang bersangkutan.

Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Risiko Reputasi


Risiko reputasi ini tentu hal yang penting dan perlu dijaga dengan sebaik mungkin oleh perusahaan. Oleh karena itu reputasi yang dimiliki oleh perusahaan harus selalu dipertahankan dan dijaga untuk membuat konsumen tetap nyaman.

Risiko reputasi ini biasanya disebabkan oleh konsumen yang memberikan penilaian buruk terhadap perusahaan akibat produk dan layanan yang tidak memuaskan bagi konsumen. Oleh karena itu pelayanan kepada konsumen harus tetap dijaga agar konsumen tetap nyaman dengan perusahaan.

Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Risiko Pasar


Risiko pasar ini merupakan risiko yang tidak terduga oleh perusahaan karena risiko pasar ini dapat berubah dengan cepat. Risiko pasar ini dapat berupa adanya kenaikan harga yang tinggi akibat kelangkaan barang. Dan juga bisa saja mengalami penurunan harga karena program yang diberikan oleh perusahaan yang membuat kompetitor lainnya menjadi sulit untuk bersaing karena adanya produk dengan harga yang lebih murah.

Risiko pasar ini sulit untuk diselesaikan karena ancaman terhadap kemampuan konsumen dalam membeli suatu produk dapat berubah kapan saja. Dan juga program yang diberikan perusahaan akan bersaing dengan kompetitor lainnya.

Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Risiko Transaksi


Risiko transaksi ini merupakan bentuk risiko yang paling sering dihadpi perusahaan. Risiko transaksi ini biasanya terjadi leh perusahaan yang meberikan pelayanan kredit kepada konsumennya. Kredit ini tentu untuk memberikan kemudahan kepada konsumen untuk menyediakan produk sesuai kebutuhan dengan membayar secara bertahap.

Risiko transaksi ini tentu bisa saja membuat perusahaan menjadi bangkrut jika tidak dikelola dengan sebaik mungkin. Karena risiko transaksi ini dengan kemudahannya memberikan kemudahan transaksi kepada konsumen tentu membuat konsumen menjadi malas untuk menyelesaikan tanggung jawabnya untuk menyelesaikan transaksinya.

Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Risiko Operasional


Risiko operasional ini biasanya disebabkan oleh perusahaan itu sendiri karena tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumennya. Risiko operasional ini membuat perusahaan menjadi dinilai tidak baik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya.

Risiko operasional ini bisa terjadi akibat manajemen dan keputusan perusahaan yang berdampak tidak baik. Risiko operasional seperti ini mudah dketahui seperti adanya keterlambatan produksi yang membuat pengiriman produk kepada konsumen menjadi lebih lama.

Dan juga masih ada manajemen risiko dalam ilmu marketing lainnya yang sering dihadapi oleh perusahaan. Untuk itu dalam menyelesaikan setiap risiko yang dihadapi ini tentu harus segera mungkin diselesaikan. Setiap risiko yang ada dapat diselesaikan oleh setiap manajemen yang sesuai dengan risiko yang ada.

Dalam ilmu marketing risiko ini tentu sudah menjadi ancaman yang akan selalu dihadapi oleh setiap perusahaan. Dan harus bisa diselesaikan oleh perusahaan dengan cepat agar tidak menimbulkan risiko lainnya.

Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing Macam-macam Manajemen Risiko Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.