Jenis - jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing

Jenis - jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing
Jenis - jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing

Iklan adalah berupa informasi yang ingiin disamaikan oleh perusahaan kepada masyarakat melalui produk barang dan jasa yang dapat dinikmati oleh konsumen. Ini merupakan pengertian iklan dalam ilmu marketing.

Iklan ini sebagai media promosi suatu produk untuk dapat dikenal lebih banyak lagi dan meningkatkan penjualan suatu produk yang diiklankan. Sehingga banyak sekali perusahaan atau perorangan yang membuat iklan untuk menjangkau pengunjung yang menjadi konsumen lebih banyak lagi.

Sebuah iklan ini tentunya memiliki banyak sekali jenisnya. Sehingga iklan ini dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan pengiklan. Sehingga iklan yang ditampilkan dapat sesuai dengan keinginan pengiklan.

Jenis – jenis iklan dalam ilmu marketing ini tentu banyak sekali, seperti jenis iklan berikut ini :

Jenis – Jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Sifatnya


Iklan berdasarkan sifatnya ini merupakan iklan yang dibuat untuk dapat memperngaruhi konsumen untuk mencoba suatu produk. Iklan ini dibagi menjadi dua yaitu iklan niaga dan non niaga.

Iklan niaga ini adalah iklan yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Contohnya seperti iklan makanan, dimana iklan ini mengarahkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan.

Iklan non niaga ini adalah iklan yang mempengaruhi konsumen agar memiliki rasa simpati dan tentunya diharapkan dapat memberi dukungan terhadap suatu tema yang diiklankan. Contohnya ini seperti iklan imunisasi, iklan keluarga berencana, iklan larangan merokok, dll.

Jenis – Jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Tujuannya


Iklan berdasarkan tujuannya ini tentu lebih kepada iklan yang memiliki target sendiri. Sehingga iklan yang dibuat biasanya berupa iklan kebutuhan.

Iklan permintaan, ini merupakan iklan yang ditargetkan kepada masyarakat untuk dapat bekerjasama dengan pengiklan. Contohnya ini seperti iklan lowongan pekerjaan, dll.

Iklan penawaran, ini merupakan iklan yang memiliki peranan sama seperti iklan niaga yaitu menawarkan produk untuk menarik konsumen dan menjadi konsumen dari produk yang telah diiklankan.

Iklan pengumuman atau layanan, ini merupakan iklan yang biasanya berupa informasi yang kepada masyarakat luas mengenai suatu kabar berita atau juga peristiwa. Contoh dari iklan ini seperti iklan ucapan selamat, iklan berita duka, dll.

Jenis – Jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Ruangnya


Iklan ini merupakan iklan yang kebanyakan terdapat pada media cetak seperti iklan baris dan iklan kolom.

Ikaln baris adalah iklan yang dibuat dengan secara singkat karena keterbatasan ruang dalam memasang iklan. Contohnya seperti iklan jual beli rumah, kendaraan, dan iklan baris lainnya.

Iklan kolom adalah iklan yang dibuat dengan berupa ilustrasi seperti gambar. Iklan kolom ini tentu dibuat lebih besar dibandingkan dengan iklan baris. Dengan bentuk iklan yang besar inilah tentu lebih menarik pembaca karena disertai warna dan gambar yang lebih menarik.

Jenis – Jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing Berdasarkan Media


Iklan berdasarkan media ini tentu iklan yang dibuat sesuai dengan media yang dijadikan untuk mempromosikan produk.

Iklan media elektronik, iklan ini tentu lebih kepada media elektronik dalam membuat iklan. Contoh iklan ini seperti iklan radio yang hanya bisa disampaikan melalui suara saja dan juga iklan televisi yang penyampaian iklannya jauh lebih menarik karena terdapat gambar dan suara yang bisa diterima.

Iklan media cetak, iklan media cetak ini tentu iklan yang biasanya terdapat diberbagai media cetak seperti di koran, majalah, brosur, poster, dll.

Iklan media online, iklan melalui media online ini tentu iklan yang dibuat dan di promosikan secara online. Sehingga iklan media online ini tentu jauh lebih banyak diminati oleh pengiklan karena iklannya  akan lebih tertarget kepada konsumen.

Dalam ilmu marketing ini peranan dari sebuah iklan tentu diperlukan untuk mempromosikan produk yang dijual sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumennya. Iklan ini dibuat karena bagian dari marketing.

Iklan tentu saja akan selalu berkembang mengikuti jaman dari konten iklan yang ditampilkan hingga iklan yang dibuat dengan memiliki target sendiri. Setiap jenis - jenis iklan dalam ilmu marketing ini tentu bermanfaat dalam dunia marketing manapun.

Sehingga sekarang banyak sekali masyarkat berlomba – lomba dalam membuat iklan yang menairik untuk menjangkau pkonsumen yang lebih banyak lagi.
Jenis - jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing Jenis - jenis Iklan Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 21.23 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.