Bisnis Waralaba Dalam Ilmu Marketing

Bisnis Waralaba Dalam Ilmu Marketing
Bisnis Waralaba Dalam Ilmu Marketing

Bisnis waralaba dalam ilmu marketing merupakan bisnis yang memang banyak sekali diminati oleh masyarakat di Indoensia. Bisnis waralaba itu sendiri sudah menjadi peluang usaha yang dapat memberikan banyak sekali keuntungan.

Waralaba atau bisa disebut juga dengan franchise ini merupakan bisnis yang memiliki sistem waralaba dimana harus adanya pemilik waralaba atau franchise dan adanya pemilik modal. Keduanya akan membuat kerjasama bisnis dalam mengembangkan franchisenya tersebut.

Sebagi pemilik modal tentunya harus bisa memilih franchise mana yang lebih baik untuk dibuat kerjasama. Karena tidak semua franchise itu dapat dikelola oleh pemilik modal. Sehingga untuk mencari franchise itu harus dapat disesuaikan dengan kemampuan pemilik modal.

Waralaba atau franchise ini termasuk juga ke dalam retailer karena memiliki karakteristik yang sama dengan retail yaitu mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu banyak juga franchise sekarang yang berupa retail.

Retail ini sendiri merupakan media pemasaran yang lumayan baik untuk dikelola karena dapat lebih banyak mendapatkan konsumen dengan berbagai kalangan.

Banyak sekali perusahaan retail di Indonesia dalam ilmu marketing yang memberikan kesempatan kepada pemilik modal untuk bekerjasama dalam membuka waralaba atau franchise sebagai bentuk strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Sepertinya perlu diketahui juga jika waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan (Wikipedia). Dengan begitu franchise atau waralaba ini merupakan kerjasama untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang sudah ada dan memiliki brand yang sudah dikenal banyak oleh masyarakat.

Untuk memulai bisnis waralaba ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Karena banyak sekali pemilik waralaba memberikan kesempatan kepada pemilik modal untuk membuat franchise dari modal yang kecil hingga modal yang besar.

Dengan modal yang kecil biasanya waralaba yang dapat dilakukan seperti waralaba usaha makanan ringan karena dengan modal kecil saja sudah dapat menjalankan usaha tersebut dengan merk dagang yang sudah ada dan dikenal banyak oleh konsumen.

Sedangkan dengan modal yang besar biasanya waralaba yang dibuat ini bisa seperti membuat rumah makan atau restoran, fast food, dll yang pastinya sudah memiliki merk dagang yang dikenal luas oleh banyak konsumennya.

Keuntungan dengan membuat bisnis waralaba seperti ini tentunya sebagai pemilik waralaba akan membantu pemilik modal dalam menjalankan bisnisnya dan selain itu juga untuk membuat waralaba yang dikelola oleh pemilik modal mendapatkan keuntungan yang besar.

Dalam ilmu marketing bahwa franchise atau waralaba ini sudah menjadi bisnis yang dapat dengan mudah untuk dijalankan karena tidak banyak diberikan kesulitan kepada pemilik modal untuk menjalankan bisnisnya seperti mencari bahan baku, media penjualan, media promosi, dll.
Bisnis Waralaba Dalam Ilmu Marketing Bisnis Waralaba Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 08.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.