Unsur – unsur Manajemen Terpenting Dalam Ilmu Marketing

Unsur – unsur Manajemen Terpenting Dalam Ilmu Marketing
Unsur – unsur Manajemen Terpenting Dalam Ilmu Marketing

Setiap unsur manajemen dalam ilmu marketing perusahaan ini saling berkaitan erat satu sama lainnya, Sehingga setiap unsurnya itu memiliki peranannya masing-masing. Jika tidak adanya salah satu unsur manajemen tersebut maka fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik.

Dengan banyaknya macam-macam manajemen dalam ilmu marketing ini, tentunya memiliki unsur terpenting dalam sebuah manajemen. Karena unsur manajemen tersebut untuk mengatur jalannya sebuah perusahaan.

Setiap unsur manajemen tersebut perusahaan harus dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Berikut unsur-unsur manajemen terpenting dalam ilmu marketing dengan sebutan 6M :


Man (Manusia)


Merupakan unsur terpenting karena manusia ini memiliki peranan untuk membuat dan menjalankan manajemen dalam perusahaan. Tanpa adanya sumber daya manusia ini maka proses kerja dalam suatu perusahaan tidak akan berjalan.

Perlu untuk dianalisis bahwa dalam perusahaan akan terdapat beberapa bidang untuk menjalankan sebuah perusahaan. Seperti bidang produksi, bidang pemasaran, bidang personalia, dan bidang lainnya tentu memerlukan sumber daya manusia yang mampu bekerja pada bidang-bidang tersebut.


Materials (Bahan Baku)


Material ini merupakan bahan baku dalam atau bahan olahan yang diperlukan untuk membuat sebuah produk. Material diperlukan dalam manajemen sebagai sarana yang mendukung untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Material ini tidak hanya berupa bahan baku saja, melainkan dapat juga berupa lainnya seperti visi misi dalam suatu organisasi. Karena itu juga termasuk salah sati material untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.


Machine (Mesin)


Mesin ini merupakan alat yang digunakan dalam manajemen untuk membantu pekerjaan manusia. Mesin ini diperlukan untuk memproduksi dari bahan baku menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual.

Mesin di jaman sekarang sudah berbeda perannya yang dimana saat dahulu manusia ini membantu pekerjaan mesin sedangkan sekarang mesin yang membantu pekerjaan manusia untuk menghasilkan produk.

Dengan mesin ini tentu membuat waktu lebih efisien dan mampu menghasilkan produk sebanyak mungkin dengan cepat. Selain itu dengan mesini ini tentunya dapat mengurangi kesalahan kerja atau human error yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Method (Metode)


Metode ini merupakan cara – cara untuk melakukan setiap proses kegiatan yang berlangsung dalam perusahaan sesusai dengan ilmu marketing untuk mencapai tujuan peusahaan tersebut.
Metode ini dapat menjadi pedoman dalam mengatur sumber daya manusia dan juga material yang diolah mesin sehingga memperoleh produk dengan baik.

Money (Uang)


Uang ini merupakan sebagai alat transaksi secara sah yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Uang ini diperlukan oleh perusahaan sebagai modal untuk membeli bahan baku, menggaji karyawan, dan juga untuk pemasaran produk.

Uang ini menjadi unsur manajemen yang harus digunakan dengan benar secara terarah supaya dapat sesuai dengan kebutuhan dan target dari perusahaan tersebut.


Market (Pasar)


Pasar ini merupakan target untuk menjual produk yang telah dihasilkan oeleh perusahaan. Maka dari itu manajemen pasar ini untuk menentukan segmentasi pasar yang jelas, kondisi geografis pasar, usia, peraturan pemerintah, dll.

Semua unsur tersebut saling berkaitan dalam manajemen ilmu marketing. Untuk itu perlu dilakukan dengan baik dalam menjalankan setiap unsur manajemen tersebut.
Unsur – unsur Manajemen Terpenting Dalam Ilmu Marketing Unsur – unsur Manajemen Terpenting Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.