Strategi Pemasaran Produk Baru Dalam Ilmu Marketing

Strategi Pemasaran Produk Baru Dalam Ilmu Marketing
Strategi Pemasaran Produk Baru Dalam Ilmu Marketing

Pemasaran produk dilakukan untuk menunjang segal kebutuhan masyarakat dala kehidupan sehair-hari. Untuk itu banyak sekali prouk yang dibutuhkan konsumen setiap harinya. Dalam satu jenis produk saja akan memiliki banyak sekali brand dari berbagai perusahaan.

Setiap perusahaan tentu akan saling bersaing dengan jenis produk yang sama. Contohnya seperti produk kopi instan yang memiliki banyak varian rasa dengan berbagai macam brand. Semua itu tentu menjadi persaingan antar perusahaan dalam menjual produk kopi tersebut.

Dalam hal ini bagaimana strategi yang dibuat jika perusahaan memiliki produk baru melakukan pemasarannya agar diterima oleh banyak konsumen.

Strategi Pemasaran Produk Baru Dalam Ilmu Marketing


Perusahaan akan melakukan branding atau pengenalan produk baru terhadap konsumen. Branding ini dilakukan melalui media iklan. Dari media cetak seperti koran, majalah, dll, lalu bisa menggunakan media teknologi yang menggunakan media iklan di televisi, radio, dan media sosial juga.

Perusahaan melakukan itu semua agar produk baru tersebut dapat diketahui oleh banyaknya konsumen. Sehingga konsumen akan tertarik dan ingin membeli produk tersebut. Oleh karena itu dalam melakukan branding ini harus dibuat semenarik mungkin untuk membuat konsumen penasaran dan ingin mencobanya.

Jika membuat konsumen sudah tertarik maka konsumen tersebut akan mencari tahu informasi terhadap produk tersebut. Semakin penasarannya konsumen membuat perusahaan harus bersiap akan permintaan yang tinggi dari konsumennya.

Setiap produk tentu memiliki caranya sendiri dalam memasarkannya. Seperti produk elektronik seperti gadget misalnya, tentu cara memasarkannya dengan memberikan review atau penjelasan singkat terhadap produk tersebut kepada konsumennya.

Dengan menawarkan fitur yang canggih tentu saja akan membuat konsumen penasaran untuk mencoba produk tersebut. Untuk produk lain seperti produk makanan dan minuman memiliki cara tersendiri dalam memeasaarkannya.

Kelompok produk dalam kategori makanan dan minuman biasanya perusahaan dapat membuat event di tempat ramai seperti pasar dan supermarket. Perusahaan akan memberik sampel gratis untuk dicoba langsung oleh konsumennya.

Konsumen yang merasakan enaknya dari rasa produk tersebut tentu akan membeli produk tersebut dan memberikan respon positif bahwa produk tersebut dapat diminati oleh banyak kalangan.

Untuk produk baru tentunya dilakukan pemasaran dengan mengikuti produk lainnya yang sudah ramai diminati oleh konsumen. Jadi bisa saja produk baru ini menjadi produk terikat dengan produk lainnya.

Atau bisa saja produk baru ini bisa sebagai peluang menjadi pelaku pemasaran dalam ilmu marketing yang baru. Peranan pelaku pemasaran ini menentukan perkembangan dari produk tersebut dapat diterima oleh konsumen atau membutuhkan waktu yang lama bagi konsumen untuk membutuhkan produk tersebut.

Dalam ilmu marketing sebuah strategi pemasaran produk itu diperlukan oleh perusahaan. Karena strategi dibuat untuk menjangkau konsumen yang banyak. Untuk itu sebuah strategi ini dirancang sebaik mungkin.

Strategi yang paling baik itu membangun brand dengan mudah diingat oleh calon konsumen. Perusahaan tentu membuat branding sebanyak mungkin dengan mmaksimalkan media teknologi yang dapat dengan cepat diketahui oleh konsumen.
Strategi Pemasaran Produk Baru Dalam Ilmu Marketing Strategi Pemasaran Produk Baru Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.02 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.