Pengertian Manajemen Personalia Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Manajemen Personalia Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Manajemen Personalia Dalam Ilmu Marketing

Manajemen personalia ini merupakan bagian dari manajemen yang selalu berhubungan dengan intraksi antar manusia dalam suatu perusahaan. Dalam manajemen personalia ini tentu saja dibentuk untuk mengelol dan mengatur terhadap kinerja karyawan dalam perusahaan.

Dalam manajemen personalia ini lebih kepada mengatur terhadap kepegawaian, penerimaan pegawai, pembagian kerja sesuai kemampuan, dll. Fungsi utama dari manajemen personalia ini tentu untuk mengatur kepegawaian seseorang dalam suatu perusahaan.

Banyak yang menilai bahwa manajemen personalia ini sama dengan manajemen sumber daya manusia karena pada dasarnya sama-sama diperankan oleh manusia. Sehingga manajemen tersebut dibuat untuk saling bekerjasama dalam mengelola perusahaan dengan sebaik mungkin.

Pengertian manajemen personalia dalam ilmu marketing menurut Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Sunan ini mengemukakan bahwa manajemen personalia ini merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dari pengadaan pemberian kompensasi, pengintegrasian, dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan, individu dan masyarakat.

Dari manajemen personalia ini tentu saja terdapat tujuan yang saling berhubungan dengan perusahaan. Manullang sendiri mengemukakan bahwa tujuan personalia ini terdapat dua tujuan, yaitu Production Minded atau efisiensi dan daya guna, sedangkan tujuan lainnya yaitu People Minded ini merupakan bentuk kerjasama.

Sehingga manajemen personalia ini berhubungan untuk dengan manajemen lainnya untuk mendorong semua pegawai dalam perusahaan untuk saling bekerjasama dan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan.

Manajemen personalia ini tentu saja dapat juga mengawasi setiap manajemen yang ada dalam perusahaan, seperti manajemen produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan dalam ilmu marketing dan manajemen lainnya yang ada dalam perusahaan.

Manajemen personalia ini mengawasi manajemen lainnya terhadap bagaimana para pegawainya ini dalam bekerja. Namun manajemen personalia ini tidak dapat ikut membuat keputusan dalam manajemen lainnya.

Akan tetapi bisa saja jika manajemen personalia ini diminta saran untuk membantu memberi keputusan dalam suatu manajemen yang ada dalam perusahaan.

Dalam ilmu marketing sendiri bahwa manajemen personalia ini lebih kepada membuat kerjasama antar manajemen dalam perusahaan dapat bekerjasama dengan sebaik mungkin. Manajemen personalia biasanya menjadi manajemen yang berhak melakukan recruitmen untuk menambah tenaga kerja dalam suatu perusahaan.

Sehingga kenapa jika ada seseorang melamar pekerjaan pasti akan mengirimkan lamarannya ke bagian manajemen personalia. Karena manajemen personalia ini yang mengelola mengenai kepegawaian dalam suatu perusahaan.
Pengertian Manajemen Personalia Dalam Ilmu Marketing Pengertian Manajemen Personalia Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.