Pengertian Manajemen Operasional Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Manajemen Operasional Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Manajemen Operasional Dalam Ilmu Marketing

Manajemen merupakan suatu manajemen yang melakukan proses pengambilan keputusan terhadap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai target dari suatu perusahaan.

Dalam suatu manajemen tentu saja memiliki tingkatan jenjang manajemen dalam ilmu marketing. Tingkatan manajemen tersebut untuk membagi setiap manajemen agar dapat bekerja sesuai dengan manajemennya masing-masing. Begitu juga dengan manajemen operasional ini tentu berada dalam tingkatan jenjang manajemen.

Maka manajemen operasional ini merupakan proses dalam mengambil keputusan terhadap pemanfaatan sumber daya dalam kegiatan produksi untuk menghasilkan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan tepat waktu, jumlah sesuai, mutu yang baik, dan alokasi biaya yang efisien dan efektif.

Ada beberapa ahli dalam ilmu marketing yang mengemukakan tentang pengertian manajemen operasional tersebut.

  • Pangestu Subagyo, Manajemen operasional ini adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur seluruh kegiatan produksi atau operasional agar dapat secara efisien.
  • Eddy Herjanto, Manajemen operasional ini merupakan proses yang berkesinambungan dan efektif dalam menggunakan fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan.
  • Jay Haizer dan Barry Render, Manajemen operasional adalah serngkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.
Manajemen operasional ini berasal dari kata dasar operasi yang dimana artinya meliputi proses produksi, lalu sumber daya manusia, bahan baku, dll.

Dalam pelaksanaannya ini manajemen operasional tersebut akan selalu berkaitan dengan perancanaan, pegorganisasian, dan juga pengawasan dalam proses produksi, manufaktur atau penyediaan jasa. Jadi selama prosesnya itu meliputi proses input output.

Proses inputnya itu sendiri bisa berupa bahan baku, peralatan, dan sumber daya manusia. Dan pada outputnya tentu akan menghasilkan produk baik itu berupa barang dan jasa.

Fungsi dari manajemen operasional ini tentu saja untuk menentukan perencanaan kualitas dari sebuah produk yang dihasilka oleh perusahaan. Selain itu kuantitas dari bahan baku yang digunakan dalam memproduksi suatu produk tentu perlu ditentukan dan dipilih dengan sebaik mungkin.

Selain itu fungsi dari manajemen operasional ini tentu untuk membuat proses produksi dapat berjalan sesuai tepat waktu dengan target yang ditentukan. Selain itu juga perusahaan akan merasakan lebih hemat karena biaya yang ditentukan sesuai dengan produk yang dihasilkan.

Proses dari hasil produksi ini tentu saja dapat menjadi produk yang mampu bersaing dengan kompetitor lain dengan hasil manajemen operasional dengan sebaik mungkin sesuai dengan ilmu marketing.
Pengertian Manajemen Operasional Dalam Ilmu Marketing Pengertian Manajemen Operasional Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.