Manajemen Pelayanan Dalam Ilmu Marketing

Manajemen Pelayanan Dalam Ilmu Marketing
Manajemen Pelayanan Dalam Ilmu Marketing

Melayani konsumen itu merupakan keharusan yang dilakukan oleh perusahaan kepada konsumennya. Pelayanan yang diberikan ini tentu untuk membuat kenyamanan bagi konsumennya. Semakin konsumen merasa nyaman akan membuat konsumententu lebih jatuh hati.

Dalam melayani konsumen ini tentu tidak hanya melalui dengan melalui interaksi langsung, melainkan bisa juga melalui produk yang ditawarkannya juga. Produk yang ditawarkan ini bisa berupa produk barang atau pun jasa.

Seperti produk jasa tentu memiliki manajemen pelayanan dalam ilmu marketing. Dalam menerapkan pelayanan kepada konsumennya akan berbeda dan lebih banyak dengan berinteraksi langsung dengan konsumennya.

Produk jasa ini bisa seperti asuransi, konsultan, angkutan umum, dll. Produk jasa seperti itu lebih memberikan pelayanan yang mendukung kepada kebutuhan konsumennya. Sehingga produk jasa seperti ini lebih banyak melayani konsumen setiap harinya.

Sedangkan produk barang seperti makanan, pakaian, peralatan, dll seperti itu pelayanan yang diberikannya untuk menarik minat konsumen membeli produk tersebut. Semakin konsumen menyukai suatu produk barang akan membuat konsumen itu menjadi konsumen tetap pada produk itu saja.

Manajemen pelayanan dalam ilmu marketing ini merupakan manajemen yang dibuat untuk lebih fokus dalam merespon setiap pendapat konsumen. Sehingga setiap pendapat yang ada itu menjadi bahan evaluasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada konsumennya.

Manajemen pelayanan memilki cara sendiri dalam membagi tugasnya untu memberikan pelatihan cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh divisi dan khususnya kepada para pelaku pemasaran. Karena pelaku pemasaran ini yang akan langsung berhadapan dengan konsumennya langsung.

Dalam ilmu marketing bahwa pelayanan ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan karena konsumen lebih senang dengan pelayan yang baik. Konsumen yang dilayani dengan baik tentu akan memberikan feed back yang baik juga seperti meminta pesanan barang yang lebih banyak lagi sehingga membantu memberikan omset yang tinggi juga.

Untuk itu setiap manajemen saling bekerjasama dalam meberikan pelayanan terbaiknya untuk konsumen. Konsumen yang merasakan ketidaknyamanan dari pelayanan itu biasa akan memilih kepada produk lain dan bisa saja memberikan image jelek terhadap produk sebelumnya yang pernah dicobanya.

Menjaga kualitas pelayanan itu tentu harus dilakukan untuk menjaga konsumen tetap tidak memilih produk dari competitor lainnya. Jadi pelayanan itu merupakan harus selalu dilakukan kepada setiap konsumen dengan senang hati

Jika terjadi suatu kendala dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, maka perlu dicari terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab manajemen tidak berjalan dengan baik dalam ilmu marketing ini harus segera diselesaikan. Sehingga manajemen tetap terus dapat melayani konsumen dengan sebaik mungkin.
Manajemen Pelayanan Dalam Ilmu Marketing Manajemen Pelayanan Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.23 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.