Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing

Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing
Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing

Manajemen ini dibuat untuk dapat mengatur sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik dan sesuai ddenga prosedurnya. Untuk itu manajemen ini dibuuat dengan fungsi – fungsi tertentu untuk dapat membuat perusahaan dapat berjalan dengan semestinya.

Fungsi manajemen dalam ilmu marketing ini terdapat banyak sekali versi dari beberapa ahli marketing. Namu tetap saja fungsi manajemen yang utama itu terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), disrecting (pengarahan), dan controlling (pengontrolan).

Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Sebagai Planning (Perencanaan)


Fungsi planning ini merupakan fungsi untuk menyusun dan merencanakan sesuatu yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan itu dibuat dan proses untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Fungsi planning ini dibuat sebelum sebuah perusahaan dibentuk karena jika tidak ada tujuan yang jelas maka kegiatan yang terjadi dalam perusahaan tersebut juga tidak akan berkembang.

Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Sebagai Organizing (Pengorganisasi)


Fungsi manajemen yang kedua yaitu sebagai pengorganisasi. Fungsi inilah yang mengatur segala sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan baik itu sumber daya alam atau sumber daya lainnya seperti sumber daya manusia dalam ilmu marketing.

Fungsi manajemen inilah yang melakukan pengelompokan terhadap sumber daya yang ada sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sumber daya tersebut.

Selain itu juga dalam perorganisasian ini tentu saja untuk menempatkan sesorang pada tempat yang tepat. Penempatan ini tidak hanya selalu pada sumber daya manusia saja, melainkan penempatan pada bentuk seperti objek juga perlu penempatan yang sesuai.

Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Sebagai Directing (Pengarahan)


Fungsi manajemen selanjutnya adalah directing atau pengarahan. Pengarahan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengarahkan khususnya sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan untuk meciptakan suasana yang kerja yang dinamis dan nyaman sehingga membuat keinerjanya menjadi lebih efektif dan efisien.

Dalam fungsi pengarahan ini tentu saja untuk mendorong sumber daya yang ada khsusunya sumber daya manusianya untuk aktif bergerak dalam berkontribusi pada perusahaan . Sehingga dengan begitu perusahaan tersebut dapat berkembang.

Maka dengan adanya actuating atau menggerakan inilah yang akan membuat kesadaran dari sumber daya manusia tersebut untuk bekerja dengan baik dan memberikan kotribusi yang besar bagi perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Sebagai Controlling (Pengontrolan)


Fungsi manajemen pengontrolan ini merupakan fungsi untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap sistem kerja yang ada dalam perusahaan agar dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang dimiliki oleh perusahaan.

Pada fungsi controlling ini juga dapat menlai perkembangan dari kinerja sumber daya yang ada dalam perusahaan tersebut menjadi efektif atau hanya biasa saja dan tida berkembang.

Karena dari controlling ini akan menentukan kualitas dan kuantitas dari sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut layak tidaknya untuk diperjualbelikan nantinya.

Maka dari itu dari setiap fungsi yang ada ini harus saling berkaitan satu sama lainnya. Sehingga dalam menerapkan ilmu marketing untuk mencapai tujauan dari perusahaan yang sudah dibuat dalam fungsi perencanaan dapat tercapai dengan baik.

Sehingga dalam menjalankan fungsi manajemen yang lainnya dapat sesuai dengan prosedur yang telah dibuat pada awal dibuatnya sebuah perusahaan. Dengan begitu perusahaan tersebut tentunya akan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Dan memberikan kontribusi yang baik dalam melayani konsumennya sehingga dapat tertarik dengan perusahaan tersebut melalui produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Fungsi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.