Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Ilmu Marketing

Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Ilmu Marketing
Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Ilmu Marketing

Dalam ilmu marketing ini sebuah manajemen diperlukan untuk membangun suatu struktur dan pembagian kerja dalam perusahaan. Oleh karena itu manajemen ini dibuat untuk meningkatkan dan mengembangkan perusahaan.

Pengertian sistem informasi manajemen dalam ilmu marketing ini suatu sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi dan keputusan manajemen. Dalam sistem informasi manajemen tersebut tentunya selalu mengalami perkembangan yang sangat baik demi meningkatkan produktivitas dan pelayanan terhadap konsumennya.

Sistem informasi ini tentu terdapat banyak sekali contohnya yang dapat diterapkan oleh berbagai macam perusahaan. Contoh penerapan sistem informasi dalam ilmu marketing ini dapat seperti :


Enterprise Resource Planning (ERP)


Ini merupakan contoh pengaplikasian dari suatu sistem manajemen bisnis untuk memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dalam sistem ini dibuat untuk dapat merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti sumber daya manusia, bahan baku, alat – alat dan juga kapasitas yang memiliki peranan terhadap manajemen paling atas hingga manajemen operasional.

ERP ini digunakan oleh perusahaan lebih kepada pengelolaan dan pengawasan manajemen yang saling terhubung terhadap suatu divisi manajemen yang terdapat dalam perusahaan seperti diivisi pemasaran, produksi, sumber daya manusia, operasional, dll.

Decission Support System (DSS)


Merupakan sistem informasi yang berbasis komputer dengan mnggunakan model keputusan dan database khusus untuk membantu membuat keputusan dalam manajemen. Dalam mengambil keputusan ini tentu akan dengan mengamati terlebih dahulu lingkungan dalam perusahaan.

Informatic Management System (IMS)


IMS ini memiliki fungsi untuk membantu tugas yang ada dalam organisasi. Selain itu juga dapat dimanfaatkan dalam menganalisa setiap pembuatan keputusan.

Executive Information System (EIS)


EIS ini merupakan bentuk dari sistem informasi manajemen yang sesuai untuk kebutuhan strategis bagi manajemen atas. Tujuan dari manajemen ini adalah untuk memberikan akses komunikasi dengan cepat dan mudah untuk lebih selektif terhadap faktor-faktor dalam melaksanakan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen atas.

Transaction Processing Sistem (TPS)


TPS ini merupakan sistem yang memiliki fungsi untuk mencatat dan memproses data dari hasil transaksi seperti penjualan, pembelian dan perubahan kebutuhan perusahaan. Sistem TPS ini dapat digunakan untuk proses data yang memiliki jumlah yang besar pada setiap transaksi berkala rutin. Contohnya bisa seperti untuk manajemen gaji dan inventaris.

Information Reporting System (IRS)


IRS ini memiliki informasi produk untuk manajerial end users untuk mendukung dalam mendukung untuk membuat suatu keputusan setiap harinya. IRS ini merupakan hasil dari proses transaction processing system (TPS).

Supply Chain Management (SCM)


SCM ini tentu berguna dalam menyajikan data yang terintegrasi terhadap manajemen material bahan baku, dari produsen, pengecer, dan konsumen.

Knowledge Work System (KWS)


KWS ini lebih kepada mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam suatu organisasi atau perusahaan. KWS ini lebih kepada orang yang ahli dalam bidangnya ini didukung untuk membuat pengetahuan yang baru yang kemudian diterapkan dalam organisasi atau perusahaan.

Office Automation System (OAS)


OAS ini digunakan untuk memproses, menyimpan, dan mengirim data informasi dalam lingkungan perusahaan seperti komunikasi antar divisi perusahaan.

Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (AI)


Dalam sistem ini tentu lebih kepada memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menyelesaikan suatu rumusan masalah dengan memakai pengetahuan dari ahli pada bidangnya.

Computer Supported Collaborative Work (CSCW)


Ini merupakan suatu pendukung perangkat lunak untuk mengkolaborasikan komputer yang terhubung dalam jaringan. Jadi ini dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan secara bersama dalam sebuah tim dan setiap tim menyadari adanya anggota lain dalam sebuah tim.

Group Decission Support System (GDSS)


Sebuah sistem aplikasi komputer untuk memfasilitasi pencarian solusi dari suatu masalah dengan seperangkat pembuat keputusan yang saling bekerjasama dalam suatu tim. Seperti tim manager yang melakukan analisa dan membuat keputusan bersama dalam menyelesaikan suatu masalah.
Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.