Turunin Display Produk Kompetitor Demi Persaingan Ilmu Marketing

Turunin Display Produk Kompetitor Demi Persaingan Ilmu Marketing
Turunin Display Produk Kompetitor Demi Persaingan Ilmu Marketing

About Me MarketingKita.com ini adalah cerita pengalam selama masih di dunia marketing sebagai bagaian dari pelaku pemasaran dalam distributor.

Pada waktu itu ketika akan melakukan tugas di salah satu pasar tradisional di wilayah sumedang. Lumayan jauh sih dari kantor yang berada di kota bandung. Sekitar kurang lebih satu jam setengah beserta macetnya dijalan saya sampai juga di pasar.

Saya ini bekerja bersama rekan saya si Jecky. Yah dia sudah lebih tua dari saya sih. Kita ini merupakan partner kerja yang selalu bersama bahkan kita selalu masuk daftar tim kerja terbaik setiap bulannya. Kali ini kita melakukan tugas di pasar wilayah sumedang.

Sesampainnya disana, kita membagi tugas untuk mengerjakan tugas tersebut karena pasar ini memiliki area wiayah yang begitu luas sekali. Dan saya kebagian untuk melakukan tugas display produk di dalam pasar sedangkan rekan saya ini yang akan mendisplay produk di luar pasarnya.

Mungkin belum pada tahu semua apa itu mendisplay produk?? Mendisplay produk itu melakukan tugas untuk memajangkan produk – produk di jajaran paling depan dari outlet tersebut agar konsumen dapat mengetahui bahwa produk yang kita jual itu terdapat pada outlet tersebut.

Contohnya saja seringkali jika kita pergi ke outltet, biasanya dari kejauhan sudah bisa keliatan di depan toko sudah ada produk shampoo yang didisplay depan toko dengan hanger dari produk tersebut. Nah seperti itulah tugas kita mendisplay produk.

Selain mendisplay produk, kita juga melakukan riset terhadap perkembangan pasar dan kompetitor secara rutin. Itu dikarenakan untuk menentukan strategi apa yang akan kita gunakan dalam menghadapi kompetitior lainnya. Jarang sekali kita ke lapangan (pasar) bertemu dengan kompetitor.

Disitulah kesempatan buat kita menurunkan produk – produk kompetitor yang ada dengan mengganti dengan produk dari kita. Untuk turunin display produk kompetitor demi persaingan ilmu marketing ini dialakukan supaya produk yang kita jual semakin banyak. Sehingga produk yang kita bawa ini menjadi yang terdepan dan lebih terlihat oleh konsumen.

Seringkali setelah melakukan display produk itu, kita langsung bertemu dengan onsumen dan membeli produk kita. Kadang juga ada yang ingin membeli produk lain, kita lakukan pencegahan agar konsumen membeli produk kita.

Kita jelaskan saja keunggulan produk dari kita dan buat konsumen menjadi lebih tertarik. Pernah sewaktu itu, ada konsumen membeli produk kita setelah saya menjelaskan keunggulan dari produk yang dibawa.

Tidak lama konsumen tersebut kembali lagi ke toko tempat dia membeli sebelumnnya dan menukarkan produk yangntelah saya jelaskan dengan produk lainnya. langsung saja saya kembali lagi ke toko tersebut dan mendisplay kembali produk saya. Dan konsumen tersebut tidak jadi menukarkan produk tersebut dan tetap dengan produk yang telah saya jelaskan tadinya.

Seperti itulah kegiatan mendisplay produk agar produk kita lebih dikenali oleh konsumen dengan mudah. Dan display produk ini merupakan salah satu cara melakukan branding agar produk yang kita jual lebih dikenal konsumen.

Dengan menambahkan edukasi mengenai produk, akan menambah wawasan konsumen terhadap produk tersebut sehingga konsumen bisa membandingakan produk manakah yang lebih baik dengan harga yang sama dan terjangkau. Dan begitulah indahnya sebagai sales marketing sekaligus merchandiser.
Turunin Display Produk Kompetitor Demi Persaingan Ilmu Marketing Turunin Display Produk Kompetitor Demi Persaingan Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.