Seni Pemasaran Silang (Cross Selling) Dalam Ilmu Marketing

Seni Pemasaran Silang (Cross Selling) Dalam Ilmu Marketing
Seni Pemasaran Silang (Cross Selling) Dalam Ilmu Marketing

Di weekend kemarin, tidak sengaja saya pergi ke sebuah mall elektronik di kota Bandung. Saya berniat membeli  sebuah gadget, pada saat memasuki salah satu toko disana, menawarkan produk lain setelah saya meemilihsalah satu produk. Tidak hanya menawarkan produk, bahkan juga menjelaskan berbagai keunggulan produk dari brand lain.

“A bagaimana klo coba dulu yang ini dengan spesifikasi yang lumayan tinggi bahkan dengan harga yang lebih terjangkau juga.” Begitulah ucapan dari frontlinernya bahkan dijelaskan pula spesifikasi dari produk tersebut.

Seperti itulah bentuk dari cross selling, yang biasanya :
  • Dilakukan oleh seseorang yang rajin dan kreatif dalam menawarkan produk
  • Merupakan SDM yang mumpuni dan mampu bersaing
  • Akan mendapatkan insentif karena dapat menawarkan produk lain, dll
Dari upaya cross selling ini tentunya tidak selalu dapat di terima oleh konsumen. Dan tujuan dari melakukan pemasaran seperti ini juga untuk jangka panjang, seperti :
  • Memberikan penjelasan lebih terhadap suatu produk
  • Mengingatkan kembali konsumen jika lupa
  • Dan juga akan berdampak pada konsumen untuk bertransaksi kembali menjadi lebih santai.
Mungkin banyak sekali pendapat mengenai pemasaran seperti ini tidak akan berdampak lebih baik. Maka dari itu diperlukan keterampilan untuk dapat melakukan pemasaran cross selling ini sehingga dapat membuat konsumen akan terus bertahan. Jadi tidak hanya dijelaskan dan ditawarkan saja tentang produk kepada konsumen.

Seni pemasaran silang (cross selling) dalam ilmu marketing ini meruoakan suatu keterampilan dalam melakukan pemasaran produk.

Seni dari pemasaran silang ini merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam ilmu marketing. Dengan begitu cross selling ini juga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan produk.

Seni pemasaran silang ini tentu saja menjadi bagian dari ilmu marketing dari MarketingKita.com. Untuk itu pemasaran silang ini sangat baik digunakan juga untuk melakukan pengembangan pasar agar memiliki area pemasaran yang lebih luas lagi.
Seni Pemasaran Silang (Cross Selling) Dalam Ilmu Marketing Seni Pemasaran Silang (Cross Selling) Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.