Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing

Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing
Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing


Kali ini kita akan membahas apa perlu melakukan segmentasi dalam ilmu marketing? Tentunya dalam pemasaran, segmentasi ini diperlukan untuk menunjang perusahaan atau ukm untuk meningkatkan penjualan mereka. Dengan adanya segmentasi ini tentunya jadi memudahkan dalam mencapai target yang telah dibuat. Jadi betapa pentingya melakukan segmentasi pasar dalam ilmu marketing ini perlu dilakukan dengan sebaik mungkin.
 

Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi pembeli yang kebutuhan, karakteristik atau  perilakunya berbeda dan mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah. Pengertian segmentasi pasar dalam ilmu marketing ini juga telah dibahas.

Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peran penting dalam sebuah pemasaran karena beberapa alasan ;
  • Segmentasi memungkinkan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen - segmen akan memberikan gambaran untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani. Selain itu segmentasi memungkin untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar dengan kompetitor.
  • Segmentasi merupakan dasar untuk menentukan komponen - komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market akan memberikan acuan dalam penentuan positioning.
Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan oleh pesaing. Maka dari itu segmentasi merupakan bagian pemasaran untuk dapat menentukan target konsumennya.

Dengan begitu sebuah perusahaan atau ukm ini tentunya akan menentukan strategi untuk menghadapi bentuk pemasaran dari kompetitor lainnya. Penentuan segmentasi pasar ini ditentukan oleh beberapa hal, seperti harga, jenis produk, kemasan, media pemasaran, dan konsumen.

Terkadang dalam menentukan segmentasi pasar ini dirasakan tidak sesuai tujuan. Itu dapat terjadi karena pelaku pemasaran ini kurang memperhatikan segmentasi pasar. Sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat konsumen terhadap produk tersebut. Maka dari itu perlu adanya pengembangan ilmu marketing pada MarketingKita.com ini juga untuk dapat memberi solusi terbaik dalam pemaasaran.

Hal seperti itu seperti memaksakan konsumen untuk menerima produk yang tidak dibutuhkan oleh konsumen. Hal seperti ini sering terjadi, biasanya sering dilakukan oleh distributor untuk meningkatkan penjualan mereka untuk mencapai target.

Dengan memaksakan konsumen ini akan berdampak yang kurang menguntungkan, karena konsumen akan melakukan pembelian kembali terhadap produk tersebut lebih lama. Dan akan menyulitkan pada waktu yang akan datang dalam mencapai target. Sehingga 
Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing Pentingnya Melakukan Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.