Pengertian Siklus Produk Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Siklus Produk Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Siklus Produk Dalam Ilmu Marketing

Siklus produk dalam ilmu marketing ini tentunya akan selalu berjalan pada seluruh produk yang diperlukan oleh manusia. Produk tersebut akan mengalami keadaan dimana ketika pasar sedang naik dan turun dan bahkan produk tersebut dapat tergantikan oleh produk lainnya yang lebih bagus lagi.

Maka dari itu diperlukan pemahaman terhadap siklus produk. Kenapa? Karena dengan kita memahami tentang siklus produk ini tentunya kita dapat menentukan strategi pemasaran produk dalam ilmu marketing yang akan dibuat nantinya supaya produk – produk tersebut dapat terus berjalan memenuhi kebutuhan konsumennya.

Siklus produk ini tentunya terdiri dari 4 proses yang meliputi pengenalan, pengembangan, inovasi, dan penurunan. Dengan adanya siklus produk ini tentunya untuk dapat kita pahami bahwa sebuah produk tentunya memiliki masa usia yang terbatas dan tidak menentu.

Ilmu marketing pada MarketingKita.com ini tentu saja untuk berbagi ilmu marketing.

Maka peranan dari manager operasi ini diperlukan untuk membuat suatu sistem kerja yang membuat produk tersebut harus dapat bertahan dan banyak diminati oleh konsumennya. Dengan begitu siklus produk ini dapat membantu mengembangkan perusahaan dalam meningkatkan penjualan


Pengenalan (Introducing)


Pada proses pengenalan ini tentunya perusahaan akan lebih banyak mendistribusikan produk tersebut dengan bentuk menambahkan daftar belanja wajib terhadap beberapa konsumennya seperti grosi, pareto, dan supermarket. Tidak hanya seperti itu, perusahaan juga dapat melakukan promosi dan iklan secara menyeluruh produk tersebut agar dapat dikenal terlebih dahulu oleh banyak konsumennya. Pada tahap pengenalan ini tenutnya perusahaan masih terasa kurang untuk mendapatkan keuntungan.


Pengembangan


Pada proses pengembangan ini tentunya, perusahaan ini sudah dapat membuat strategi pemasaran yag sesuai dengan karate produk tersebut. Dan dapat menentukan target penjualan dan keuntungan yang akan diperolehnya. Dengan begiitu perusahaan tentunya sudah siap untuk menerima lonjakan permintaan produk tersebut dari konsumennya.


Inovasi


Pada tahap inovasi ini tentunya perusahaan membuat inovasi produk baik dari kemasan, strategi pemasaran, harga dan produk. Itu diperlukan karena konsumen akan mengalami kejenuhan terhadap produk tersebut jika tidak terddapat inovasi yang hanya seperti itu saja. dengan adanya inovasi tentunya akan lebih meningkatkan kebutuhan konsumennya. Inovasi ini diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan selera dari konsumennya sendiri.

Penurunan


Pada tahap penurunan ini, tentunya terjadi pada produk – produk yang tidak begitu disukai oleh konsumennya. Penurunan ini terjadi karena tidak sesuai selera konsumen seperti rasa, kemasan, harga, dan bentuk, dll.

Pada tahap penurunan ini tentunya produk tersebut akan mengalami penurunan permintaan. Sehingga produk tersbut tidak diproduksi kembali karena akan menimbulkan kerugian yang besar bagi perusahaan karena produknya kurang diminati oleh konsumennya.
Pengertian Siklus Produk Dalam Ilmu Marketing Pengertian Siklus Produk Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.