Pengertian Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing

Pemasar itu tidak homegen. Sebuah perusahaan tidak dapat berhubungan dengan semua pelanggan di pasar yang besar, luas dan beranekaragam. Konsumen pun memiliki banyak dimensi dan sering banyak di kelompokan sesuai dengan satu karakteristik atau lebih.

Perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar mana yang dapat dilayaninya secara efektif. Keputusan – keputusan tersebut menurut pengertian yang tajam tentang perilaku pelanggan dan pemikiran strategis yang cermat.

Perusahaan dapat lebih mudah memilih saluran distribusi dan saluran komunikasi yang terbaik, dan perusahaan juga akan memiliki gambar yang jelas tentang para pesaingnya, yang merupakan perusahaan – perusahaan yang mengejar segmen yang sama. Akan tetapi, walaupun segmen itu sebagiannya merupakan keinginan saja dalam arti tidak setiap barang dalam segmen itu menginginkan barang yang persis sama.

Maka dari itu pengertian segmentasi pasar dalam ilmu marketing ini membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah. Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif.

Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.

Peranan segmentasi dalam marketing :
  • Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
  • Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
  • Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
  • Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Segmentasi pasar ini tentunya tidak hanya berlaku bagi perusahaan saja, melainkan oleh industri kecil atau usaha kecil pun dapat menggunakan segmentasi pasar ini untuk membagi konsumen sesuai dengan tujuan dari usaha yang dibangunnya agar sesuai dengan yang diingainkan oleh industry atau usaha kecil milik sendiri.

Jadi betapa pentingya melakukan segmentasi pasar dalam ilmu marketing ini untuk mendapatkan konsumen yang sesuai dengan target yang diharapkan.

Untuk itu melakukan segmentasi ini juga harus dilakukan targeting dan positioning dalam ilmu marketing.
Pengertian Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing Pengertian Segmentasi Pasar Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.