Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli Ilmu Marketing

Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli Ilmu Marketing
Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli Ilmu Marketing

Pengertian marketplace dalam ilmu marketing tentunya sudah banyak sekali dari blog lain juga dibahas mengenai marketplace secara umum. Marketplace ini sudah semakin ramai diperbincangkan oleh masyarakat umum.

Namun masyarakat ini tentunya lebih banyak membahas mengenai contoh marketplace dalam ilmu marketing. Seperti tokopedia, bukkalapak, shopee, blibli, dll. Marketplace ini tentunya memiliki tujuan utamanya yaitu menjadi wadah antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi jual beli secara online dengan aman.

Marketplace ini sudah ada sejak lama dan setiap tahunnya akan selalu ramai masyarakat membahas marketplace itu sendiri. Untuk itu ada beberapa pengertian marketplace menurut para ahli ilmu marketing, diantaranya :

Brunn, Jensen dan Skoovgard (2002)


Menurut mereka bahwa marketplace itu dibagi menjadi 2, yaitu marketplace horizontal dan marketplace vertikal.

Marketplace Horizontal ini tentunya dikategorikan berdasarkan dari produk yang dijualnya yang biasanya bisa dijangkau oleh banyak konsumen umum.

Contoh produknya seperti gadget, pakaian, accessories, makanan, dll. Dengan contoh produk seperti itu dikategorikan karena harga produk yang masih dapat dijangkau oleh konsumen biasa.

Marketplace Vertikal ini tentunya dikategorikan bedasarkan produk khusus yang dijual hanya untuk memenuhi kebutuhan khusus pada perusahaan lain.

Contohnya saja seperti penjualan bahan baku, penjualan beton, penjualan baja, penjualan logam, dll. Tentu saja produk yang dijuala pada kategori ini untuk memenuhi kebutuhan industri perusahaan lainnya.

Wikipedia Indonesia


Menurut wikipedia ini bahwa marketplace ini merupakan salah satu perdagangan melalui media elektronik. Pengertian perdagangan elektronik itu sendiri adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Tentu saja masih ada banyak lagi yang dapat mendefinisikan tentang marketplace ini sesuai pengetahuan ilmu marketing yang dikuasai.

Untuk itu bertransaksi jual beli melalui marketplace ini sangat baik karena adanya wadah untuk mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Dan tentu saja marketplace ini membuat transaksi bisa menjadi lebih aman.

Transaksi jual beli secara online ini ada baiknya untuk melalui marketplace karena adanya penengah jika terjadi sesuatu baik untuk penjual ataupun pembeli. Maka tidak heran di jaman sekarang persaingan antar marketplace ini semakin ramai dengan beragam pelayanan terbaiknya demi memuaskan penggunanya.

Dengan begitu penggunaan marketplace sebagai wadah untuk bertransaksi secara online ini sangat baik sebagai media pemasaran dalam ilmu marketing.
Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli Ilmu Marketing Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.