Pengertian Marketing Mix 4P Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Marketing Mix 4P Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Marketing Mix 4P Dalam Ilmu Marketing

Pada dasarnya ilmu marketing itu sebuah ilmu untuk dapat mempromosikan, mendistribusikan dan menjual produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Bahkan banyak sekali para ahli marketing itu sendiri memiliki definisinya masing – masing. Pengertian marketing menurut para ahli ilmu marketing ada disini.

Pengertian marketing ini semakin berkembang karena mengikuti perkembangan jaman. Dan sekarang terdapat juga pengertian marketing mix 4p dalam ilmu marketing. Perngertian marketing mix ini tentunya hasil dari beberapa pengertian dalam mendefinisikan sebuah kegiatan marketing.

Pengertian marketing mix dalam ilmu marketing ini adalah campuran dari variabel – variabel pemasaran yang dapat dipergunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam pasar sasaran (Kotler, 2000).

Dari pengertian tersebut terdapat istilah variabel marketing. Variabel marketing ini terdapat yang utama dalam 4P, yaitu :

  1. Product (Produk)
    Produk ini dapat berupa seperti barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memenuhi dan melayani konsumen. Produk berupa barang tentunya harus memenuhi ketentuan sebuah produk barang seperti kemasan, brand atau merk, kode produk, dll.

  2. Price (Harga)
    Harga ini perlu diberikan untuk membuat konsumen mau membeli suatu produk. Harga ini ditentukan oleh modal yang dikeluarkan perusahaan untuk membuat suatu produk. Harga ini juga yang memberikan keuntungan dan kelangsungan hidup dari para pelaku pemasaran.
  3. Place (Tempat)
    Tempat ini untuk menunjukan terjadinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku pemasaran. Tempat juga mampu menunjukan potensi bagi para pelaku pemasaran untuk memperoleh konsumen yang banyak. Contohnya seperti, pasar, tempat wisata, dll.

  4. Promotion (Promosi)
    Promosi ini dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak lagi. Promosi ini merupakan kegiatan untuk memberikan atau menawarkan informasi yang dapat membuat konsumen menjadi lebih tertarik terhadap suatu produk dan membuat konsumen untuk membeli produk tersebut.

    Promosi ini tentunya memiliki tujuan untuk :
    • Mengenalkan produk baru kepada konsumen
    • Menjaga perusahaan untuk tetap stabil demi kelangsungan hidup perusahaan
    • Meningkatkan penjualan produk
    • Menarik konsumen lebih banyak lagi

Pengertian Marketing Mix 4P Dalam Ilmu Marketing Pengertian Marketing Mix 4P Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 21.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.