Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Ilmu Marketing

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Ilmu Marketing
Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Ilmu Marketing

Penjelasan ilmu marketing ini sudah ada banyak. Bahkan dari jaman dahulu pun sudah ada kegiatan marketing itu sendiri. Marketing di jaman dahulu belum sebaik seperti sekarang, karena dahulu marketing itu masih seperti barter dan jual – beli konvensional.

Dari kegiatan seperti itulah yang membuat banyak para ahli ilmu marketing mendefinisikan kegiatan tersebut sebagai pengertian pemasaran dalam ilmu marketing secara umum. Dan para ahli ilmu markting itu sendiri bahkan yakin bahwa definisinya tersebut akan bermanfaat bagi banyak orang.

Namun pada akhirnya bahwa ilmu marketing yang di definisikan ini sekarang sudah mulai banyak berkembang. Ilmu marketing sekarang sudah mengiktui jaman. Terjadinya marketing ini sudah tidak hanya barter dan jual – beli saja. Sekarang media untuk marketing ini sudah berkembang seperti jual – beli online tanpa harus bertemu antara penjual dan pembelinya.

Berikut adalah definisi mengenai ilmu marketing dari para ahli dan sumber terbaik hingga sekarang :

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

    Pemasaran adalah (1) proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan; (2) perihal menyebarluaskan ke tengah – tengah masyarakat.
  • Wikipedia Indonesia

    Pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.
  • Philip Kotler

    Menurut Philip Kotler sendiri menyatakan jika marketing itu merupakan suatu kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat suatu produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

  • Jay Abraham

    Marketing adalah sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen.
  • John Westwood

    Marketing adalah sebuah usaha terpadu supaya terpenuhnya semua kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
  • Harper W. Boyd

    Pemasaran adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan - kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain.
  • Swastha dan Irawan
    Marketing adalah salah satu dari kegiatan - kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba.
  • Sutisna

    Pemasaran adalah usaha untuk dapat menyampaikan pesan kepada publik terutama kepada konsumen sebagai sasaran mengenai keberadaan produk di pasar.
  • Muntaha

    Pemasaran adalah proses pengolahan, produksi, dan penyampaian informasi atau pesan melalui satu atau lebih saluran kepada khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk.
Dari banyaknya para ahli ilmu marketing dan sumber terbaik ini dapat disimpulkan bahwa pemasaran ini merupakan suatu kegiatan bertukar produk atau barang, jasa dan ide yang melibatkan dua orang atau lebih.

Dalam pelaksanaanya, bahwa marketing itu sendiri meliputi proses promosi, penjualan dan distribusi agar produk dapat tersedia secara merata untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Ilmu Marketing Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.