Pengertian LIFO (Last In First Out) Dalam Ilmu Marketing

Pengertian LIFO (Last In First Out) Dalam Ilmu Marketing
Pengertian LIFO (Last In First Out) Dalam Ilmu Marketing

Dalam ilmu marketing terdapat metode lifo (last in first out). Pengertian lifo (last ini first out) dalam ilmu marketing ini merupakan bentuk metode perputaran barang yang awalnya barang atau produk yang terakhir masuk dalam gudang atau media penyimpanan maka barang atau produk tersebutlah yang pertama kali akan dikeluarkan kembali untuk didistribusikan atau dijual.

Dengan metode lifo ini tentunya merupakan bentuk perputaran barang yang memiliki dua kemungkinan terhadap barang atau produk tersebut. Salah satunya yaitu sebuah perusahaan menggunakan metode lifo ini akan menimbulkan penumpukan barang atau produk di gudang sehingga akhirnya menjadi rusak dan tidak dapat dijual yang akhirnya menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Dan yang satu lagi yaitu perusahaan akan memiliki kualitas barang atau produk yang baik karena barang atau produk terebut semakin lama usianya maka kualitasnya akan semakin tinggi dan nilai jual yang dihasilkan akan memberikan keuntugan bagi perusahaan.

Lifo ini juga berperan penting dalam marketing perusahaan. Itu dikarenakan lifo ini akan menunjukan kualitas dan perkembangan dari barang atau produk yang ditimbun dan yang dijual oleh para pelaku pemasasran perusahaan terebut.

Metode lifo ini tentunya banyak sekali digunakan biasanya pada bidang kuliner. Kenapa? Karena ada banyak sekali kuliner yang memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh kualitas yang bagus dan memiliki nilai jual yang tinggi tentunya. Akan tetapi tidak semua kuliner ini dapat menggunakan metode lifo tersebut karena akan menimbulkan kualitas dari kuliner tersebut menjadi kurang baik.

Dalam sebuah perusahaan metode lifo ini telah lama digunakan dalam perputaran barang dalam sebuah gudang atau dia penyimpanan pada perusahaan tersebut. Metode lifo ini tentunya memiliki karakteristik yang mendukung kelebihan dari metode lifo tersebut. Lifo ini tidak dapat diterapkan pada produk yang berisfat berkembang seperti makhluk hidup karena akan mengurangi nilai jual dari produk tersebut.

Metode lifo tentunya akan baik juga jika digabungkan dengan metode fifo (first in first out). Dengan manajemen yang baik antara metode fifo dan lifo ini tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Pengertian fifo (first in first out) dalam ilmu marketing lebih mendahulukan produk yang baru.

Akan tetapi jika perusahaan menggabungkan kedua metode ini tentunya akan berdampak yang tidak baik bagi perusahaan yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu sebuah perusahaan harus mampu menggunakan metode yang baik dalam perputaran barang ini sehingga memberikan dampak yang baik bagi perusahaan tersebut.

Tidak ada salahnya untuk mencoba kedua metode tersebut antar fifo dan lifo untuk menngkatkan penjualan sesuai dengan ilmu marketing yang diterapakan masing - masing.
Pengertian LIFO (Last In First Out) Dalam Ilmu Marketing Pengertian LIFO (Last In First Out) Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.