Pengertian Franchise Store (Toko Waralaba) Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Franchise Store (Toko Waralaba) Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Franchise Store (Toko Waralaba) Dalam Ilmu Marketing

Pengertian franchise store (toko waralaba) dalam ilmu marketing ini merupakan suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen terakhir dengan pengwaralaba yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dengan menjangkau area tertentu sesuai ilmu marketing.

Franchise ini termasuk ke dalam bagian dari retail atas kepemilikan atau ownership. Karena retail ini dapat dimiliki oleh siapa saja yang menjadi owner dari franchise tersebut karena telah mendapatkan hak dari franchisornya. Pengertian retail secara umum dalam ilmu marketing ini juga terdapat klasifikasi retail sehingga franchise ini menjadi retail atas kepemilikan atau ownership. 

Franchise Store ini tentunya terdapat dua elemen yang diperlukan, yaitu franchisor dan franchisee.

Dalam ilmu marketing ini sebuah franchisor merupakan badan usaha atau perorangan yang memberikan hak dagangnya kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas kelayakan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.

Sedangkan franchisee ini merupakan pihak yang membayar royalty dan biaya lainnya yang dipersyaratkan oleh franschisor untuk dapat menggunakan merek dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor.

Kegiatan franchise ini merupakan bentuk cara dalam mengembangkan bisnis dan usahanya dengan bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki modal tetapi tidak memiliki brand yang mumpuni.

Untuk membuka franchise ini tentunya tidak semua dapat melakukannya, karena hanya franchisee tertentu yang sudah terkenal dan terjamin dari segi pelayanan, kualitas produk dan cara pemasaran produknya tersebut.

Franchise ini merupakan hubungan kerja sama antara franchisor dengan franchisee.

Dengan franchise ini tentunya teerdapat banyak sekali keuntunggannya. Hubungan antara franchisor dan franchisee ini akan sama – sama diuntungkan. Bagi franchisee diuntungkan dengan sistem kerjasama franchise.

Karena franchisee ini hanya cukup memasarkan produk yang sudah teruji dan dikenal oleh banyak masyarakat dengan mengikuti sistem franchisor yang sudah berjalan oleh franchise store lainnya yang sudah berjalan.

Dan bagi franchisor, merupakan sebuah peluang dalam mengembangkan usahanya dan mendistribusikan produknya lebih luas lagi tanpa harus mengeluarkan modal kembali untuk membuka franchise store lagi di berbagai tempat.

Franchise ini terdapat 2 jenis, yaitu franchise luar negeri dan dalam negeri.

Franchise luar negeri ini lebih banyak disukai karena sistem yang dikerjakan terasa lebih jelas dan tentunya brand yang dimiliki sudah terkenal di berbagai negara dan terkesan lebih bergengsi.

Sedangkan franchise dalam negeri, menjadi salah satu pilihan investasi bagi orang – orang yang ingin menjadi pengusaha akan tetapi belum memiliki pengetahuan yang cukup dan kelanjutan usaha tersebut yang disediakan oleh franchisor.
Pengertian Franchise Store (Toko Waralaba) Dalam Ilmu Marketing Pengertian Franchise Store (Toko Waralaba) Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.