Pengertian FIFO (First in First Out) Dalam Ilmu Marketing

Pengertian FIFO (First in First Out) Dalam Ilmu Marketing
Pengertian FIFO (First in First Out) Dalam Ilmu Marketing

Dalam ilmu marketing terdapat metode FIFO (First In First Out). Pengertian fifo (first ini first out) dalam ilmu marketing ini merupakan bentuk perputaran barang dengan mengutamakan barang yang pertama masuk maka barang tersebut juga yang pertama dikeluarkan. FIFO ini tentunya dilakukan terhadap barang atau produk yang cepat atau konsumtif.

Semakin banyak barang atau produk yang dapat dikeluarkan (dijual) maka semakin besar juga produksi yang harus dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk dapat memenuhi tingkat kebutuhan konsumennya.

FIFO ini sudah diterapkan sejak lama, dan banyak sekali perusahaan yang menggunakan metode fifo ini. FIFO ini banyak sekali kelebihan nya seperti :
  • Barang atau produk yang keluar masuk lebih terstruktur
  • Barang atau produk yang pertama keluar bisa menjadi acuan produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat
  • Meminimalisir terjadinya barang atau produk rusak
  • Memudahkan dalam membuat data input atau outputnya barang atau produk
Dengan metode fifo ini tentunya tidak semua barang atau produk cocok dengan metode fifo ini. Jika barang atau produk yang tidak cocok dengan metode fifo ini nantinya akan menjadi kelemahan terhadap metode fifo ini. Kelemahan metode fifo ini seperti :
  • Barang atau produk tidak sesuai dengan selera konsumen
  • Barang atau produk menjadi banyak yang tidak laku
  • Menimbulkan produksi secara terus menerus karena barang atau produk harus cepat keluar
  • Ketidaksesuaian barang atau produk pada waktunya
Dengan begitu perusahaan harus mampu memilih dan menganalisa metode fifo ini akan digunakan sebagai bentuk perputaran barang atau produk yang sesuai dengan fifo ini. Jika persuahaan salah dalam menggunakan metode ini dapat dimungkinkan bahwa akan banyak barang atau produk yang menumpuk dan pada akhirnya akan banyak konsumen melakukan retur sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan tersebut.

Maka dari itu ada baiknya jika perusahaan harus dapat membuat karakteristik produk fifo dalam ilmu marketing. Sehingga dengan begitu produk yang dibuatya ini akan selalu diterima oleh masyarakat banyak.

Tidak semua barang atau produk itu dapat menggunakan metode fifo ini. Tentunya ada beberapa karakteristik barang atau produk yang perlu diperhatikan dalam menggunakan metode fifo ini. Dengan begitu maka perusahaan dapat menempatkan metode fifo ini sesuai dengan kebutuhannnya.

Dalam pemasaran tentunya metode fifo ini berperan penting sekali dalam penjualan barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Itu dikarenakan untuk menghindari ketidakpuasan konsumen terhadap barang atau produk yang dijualnya.

Setelah dengan produk dan karakteristik produk dengan baik ditnetukan, maka selnjutnya untuk membuat strategi pemasaran yang baik dalam ilmu marketing untuk memasarakan produknya.
Pengertian FIFO (First in First Out) Dalam Ilmu Marketing Pengertian FIFO (First in First Out) Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.