Pengertian Brand Atau Merek Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Brand Atau Merek Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Brand Atau Merek Dalam Ilmu Marketing

Pengertian brand atau merek dalam ilmu marketing ini merupakan merek dagang dari sebuah barang atau produk yang sangat penting dari sebuah produk yang telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan, karena sebuah merek suatu produk mampu memberikan nilai tambah terhadap barang atau produk tersebut.

Brand ini tentunya memiliki banyak pengertian menurut beberapa para ahli, seperti :

  • Lamb, Hair, dan McDaniel (2001)

    Merek adalah suatu nama, istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, yang mengidentifikasi produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing
    .
  • Bilson Simamora (2001)

    Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain.
  • Kotler, Armstrong (2003)

    Merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu.

  • Keller dan Tjiptono (2005)

    Merek adalah produk yang mampu memberikan dimensi tambahan yang secara unik membedakannya dari produk-produk lain yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan serupa.

Dari beberapa pengertian tersebut maka dapat disimpulkan secara kesluruhan bahwa brand (merek) adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain, kata atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara produk dan jasa yang satu dengan yang lain.

Sebuah brand tentunya salah satu faktor yang menentunkan tingkat keberhasilan dari sebuah perusahaan. Itu karena brand tersebut harus mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. maka dengan begitu bahwa sebuah brand ini harus baik dan mampu bersaing dengan brand lainnya dengan jenis produk yang sama.

Untuk meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya seperti memberikan janji yang sesuai dengan kenyataan walaupun hal tersebut tidak dinyatakan dengan jelas, akan tetapi menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

Lalu sebuah brand juga perlu memberikan ciri khas dari produknya terhadap konsumen penggunanya. Karena dengan begitu konsumen akan merasakan keuntungan lebih yang diberikan oleh perusahaan terhadap brand tersebut. Seperti pengguna Iphone akan merasakan lebih mewah dibandingkan dengan pengguna android biasa.

Dengan adanya sebuah brand tentunya untuk membedakan perusahaan dengan kompetitornya. Perbedaan yang dapat dilakukan melalui produk dan pelayananya. Dengan perbedaan itulah akan menimbulkan persaingan dengan kompetitor lainnya agar brand dari setiap perusahaan dapat diterima oleh masyarakat banyak.

Brand atau merek ini tentunya berperan juga dalam pemasaran perusahaan. Itu dikarenakan para pelaku pemasaran tentunya akan menawarkan produk tersebut tidak terlepas dari brand yang diandalkan oleh perusahaan tersebut.

Dengan adanya merek ini tentunya konsumen akan memudahkan konsumen dalam mengingat produk dengan nama merek dagangnya. Merek juga tentunya mampu memberikan pertimbangan bagi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk.

Dengan memiliki sebuah brand ini tentunya akan menjadi sebuah strategi pemasaran yang berjangka panjang bagi konsumen dan juga peushaannya. Karena akan memiliki nilai ekonomis yang dihasilkan oleh brand tersebut. dan menimbulkan persaingan dengan competitor lainnya.

Sebuah brand ini tentunya harus dilakukan branding agar produknya lebih dikenal oleh banyak kalangan masyarakat. Untuk itu pengertian branding dalam ilmu marketing ini perlu dipahami juga untuk memudahkan dalam melakukan branding produk.
Pengertian Brand Atau Merek Dalam Ilmu Marketing Pengertian Brand Atau Merek Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.