Pembagian Distributor Area Pemasaran Dalam Ilmu Marketing

Pembagian Distributor Area Pemasaran Dalam Ilmu Marketing
Pembagian Distributor Area Pemasaran Dalam Ilmu Marketing

Pembagian distributor area pemasaran dalam ilmu marketing ini bentuk dari distributor dalam membagi area pemasarannya dengan distributor lain dan juga dengan pelaku pemasaran lainnya.

Dalam membagi area pemasaran ini tentunya sebuah distributor harus memiliki target wilayah pemasaran dalam ilmu marketing. Untuk itu sebuah distributor ini akan dapat menentukan wilayah masa saja yang memiliki daya beli konsumen yang tinggi.

Tidak semua wilayah yang dimiliki oleh distributor ini memiliki daya beli konsumen yang tinggi. Maka dari itu adanya pelaku pemasaran dalam distributor ini untuk menjangkau wilayah lainnya untuk menambah area pemasaran yang tidak dapat dijangkau oleh pengiriman pada distributor.

Sehingga hanya pelaku pemasaran seperti sales motoris dan sales kanvas inilah yang berperan untuk membagi distributor area pemasaran untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

Pembagian distributor area ini terdiri dari pasar tradisional, pasar modern, dan lingkungan sekitar pasar tersebut.

Pada pasar tradisional ini merupakan tempat yang memiliki potensi daya beli konsumennya yang tinggi sehingga distributor akan mengelola langsung pasar tradisional tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pada pasar modern juga sama seperti pasar tradisional pada umumnya. Sehingga distributor juga dapat mengelola langsung pasar modern ini untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Sedangkan untuk lingkungan sekitar ini dalam membagi distributor areanya menggunakan sales kanvas dan sales motoris untuk menjangkau konsumen yang tidak dapat dikelola langsung oleh distributor.

Area pemasaran dalam lingkungan sekitar ini biasanya memiliki daya beli konsumen yang rendah sehingga disesuaikan pula dengan pelaku pemasaran yang cocok untuk mengelola konsumennya.

Pasar tradisional dapat dikelola langsung oleh distributor karena disana itu merupakan tempat berkumpulnya para pedagang atau pemilik toko sehingga potensi mendapatkan omset yang besar juga dapat dicapai pada pasar tradisional.

Pada pasar modern juga dikelola oleh distributor langsung karena banyaknya outlet modern seperti supermarket dan toserba yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang mengelola outlet modern tersebut.

Sehingga distributor ini hanya bekerja sama untuk mendistribusikan produknya kepada perusahaan yang mengelola outlet modern. Dan perusahaan yang mengelola outlet modern inilah yang menjadi distributor untuk mendistribusikan produk ke setiap outlet modern yang ada.

Sedangkan untuk lingkungan sekitar ini juga dikelola oleh pelaku pemasaran distributor karena konsumennya yang beragam dan berada dimana saja. Untuk itu dalam membagi distributor area ini hanya outlet retail yang memiliki daya beli rendah bisa mendapatkan produk langsung dari distributor.

Dalam ilmu marketing itu sendiri tidak menutup kemungkinan outlet retail yang memiliki daya beli tinggi ini dapat dikelola langsung oleh distributor. Outlet retail seperti ini biasanya berbentuk seperti grosir.

Setiap konsumen baik itu penjual atau agen atau perusahaan yang dikelola oleh distributor secara langung ini akan mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti salah satunya mendapatkan diskon atau potongan harga dengan batasan minimal order yang dapat dicapai oleh konsumennya.
Pembagian Distributor Area Pemasaran Dalam Ilmu Marketing Pembagian Distributor Area Pemasaran Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.