Karakteristik Produk FIFO Dalam Ilmu Marketing

Karakteristik Produk FIFO Dalam Ilmu Marketing
Karakteristik Produk FIFO Dalam Ilmu Marketing


Pada kali ini tentunya dalam pemaham metode fifo ini perlu diperhatikan juga karakteristik barang atau produk yang sesuai dengan metode fifo ini. Apa saja sih karakteristik barang atau produk yang sesuai dengan metode fifo ini? Mungkin seperti itulah pertanyaan yang timbul mengenai metode fifo ini. Untuk pengertian fifo (first in first out) dalam ilmu marketing juga sudah banyak sekali yang membahas hal tersebut.

Metode fifo ini pada umumnya dapat digunakan pada berbagi jenis barang atau produk dengan didukung perhitungan dan waktu yang pas dan sesuai. Maka dalam pelaksanaannya pun metode fifo ini dapat berjalan dengan  baik. Metode fifo ilmu marketing ini bersifat terus – menerus atau continue.

Itu karena kapasitas dari tempat penyimapanan itu sendiri terbatas dan proses perputaran barang haruslah dilakukan dengan cepat. Agar barang yang di produksi dapat dengan cepat pula sampai kepada konsumennya.

Maka ada beberapa karakteristik produk fifo dalam ilmu marketing yang perlu diperhatikan dalam metode fifo ini, yaitu:
  • Barang atau produk merupakan barang konsumtif
  • Barang atau produk memiliki masa expired yang sebentar
  • Barang atau produk memiliki kemasan mudah rusak

Dari beberapa karakteristik tersebut, maka dapat diketahui berbagai contoh barang atau produk yang sesuai dengan metode fifo tersebut. Maka perusahaan harus dapat mengelompokan barang atau produk yang sesuai dengan metode fifo tersebut. Dengan begitu maka dapat mendukung sistem kerja yang lainnya seperti dalam pemasaran barang atau produk tersebut.

Metode fifo juga baik untuk dilakukan karena tentunya akan lebih cepat dalam menghabiskan barang atau produk. Dan juga sangat kecil kemungkinan adanya barang atau produk yang tersisa tidak terjual. Metode fifo ini dapat pula divariasikan dengan metode yang lainnya seperti metode lifo dalam ilmu marketing.

Dengan begitu akan menimbulkan bentuk yang bisa lebih produktif dalam perputaran barang atau produk dalam perusahaan.

Terdapat pula perkembangan dengan memvariasikan metode fifo dengan lifo tersebut. dan dengan begitu dapat meningkatkan penjualan terhadap perusahaan. Dengan berbagai macam metode yang ada perusahaan harus dapat menentukan metode manakah yang akan digunakan dalam perusahaannya dalam melakukan perputaran dan distribusi barang atau produk.
Karakteristik Produk FIFO Dalam Ilmu Marketing Karakteristik Produk FIFO Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.