Fungsi Tagline Mengingatkan Konsumen Dalam Ilmu Marketing

Fungsi Tagline Mengingatkan Konsumen Dalam Ilmu Marketing
Fungsi Tagline Mengingatkan Konsumen Dalam Ilmu Marketing

“Apapun makanannya, minum nya tetap… Teh Botol”

Sering sekali tagline seperti itu kita dengar dan jumpai sehari – hari. Dengan adanya tagline seperti itu tentunya akan membuat konsumen lebih mengenal sebuah produk. Dan masyarakat pun tau tagline seperti itu merupakan iklan dari produk minuman teh. Tagline ini merupakan salah satu bentuk cara melakukan branding produk dalam ilmu marketing yang dapat membuat konsumen selalu ingat produk tersebut.

Tagline ini dapat menjadi sebuah fungsi tagline mengingatkan konsumen dalam ilmu marketing. Dengan egitu konsumen akan selalu ingat dengan tagline yang dibuat dengan sederhana dan mudah.

Dalam melakukan branding ini, sebuah tagline atau by line begitu diperlukan sebagai komunikasi yang mudah untuk menyampaikan suatu pesan untuk mengenalkan sebuah produk sesuai dengan ilmu marketing yang ada dalam MarketingKita.com. Dalam membuat tagline ini harus dapat membuat pemahaman yang mudah ditangkap oleh konsumen.

Disaat sekarang banyak sekali tagline atau by line yang dibuat secara asal – asalan, yang penting tidak masalah. Dalam membuat tagline atau by line ini dapat juga dengan menjadikan merk sebagai pemahaman yang fungsional. Dengan menjadikan merk sebagai yagline atau by line ini tentunya akan lebih mudah dikenal dan dipahami oleh konsumen. Dengan begitu akan menimbulkan keinginan konsumen untuk mencoba produk tersebut.

Contoh dari merk yang menjadi tagline yang fungsional :

“POS EXPRESS – esok hari sampai”

Tagline yang sederhana dengan mencantumkan merk kedalam taglinenya sehingga konsumen dapat langsung memahai bahwa Pos Express ini merupakan bentuk pelayanan jasa pengiriman.

“Teh Pucuk Harum, rasa teh terbaik ada di pucuknya”

Dan tagline yang mencantumkan merk seperti contoh tersebut juga dapat membuat konsumen langsung mengerti bahwa produk tersebut berupa minuman teh yang segar yang dibuat dari daun pucuk teh pilihan.

Terkadang jika terlalu idealis menjelaskan produk tersebut dengan banyak kalimat dapat membuat pesan yang terdapat dalam tagline tersebut menjadi hilang. Padahal terdapat pesan singkat yang relevan mudah dimengerti dengan tagline yang memiliki fungsional.

Berbeda lagi jika membuat tagline ini secara asal – asalan, bahkan pesan dalam tagline tersebut sulit diukur oleh konsumen, seperti :
  • Kualitas terbaik
  • Bermutu tinggi
  • Kami menjaminnya, dll.
Dengan tagline seperti itu, pesan yang disampaikannya juga terasa masih belum jelas. Padahal dapat kita modifikasi tagline tersebut menjadi berfungsi sehingga mudah dipahami dengan cepat oleh konsumen.

Tagline ini merupakan suatu pesan yang disampailan oleh sebuah produk untuk menarik minat konsumen sehingga konsumen mau mencoba produk tersebut. Tagline atau by line itu dibuat sebagai bentuk komunikasi pesan yang disampaikan secara ringkas dan mudah dipahami oleh konsumen.
Fungsi Tagline Mengingatkan Konsumen Dalam Ilmu Marketing Fungsi Tagline Mengingatkan Konsumen Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 17.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.