Fungsi Segmentasi, Targeting, Dan Positioning (STP) Dalam Ilmu Marketing



Fungsi Segmentasi, Targeting, Dan Positioning (STP) Dalam Ilmu Marketing
Fungsi Segmentasi, Targeting, Dan Positioning (STP) Dalam Ilmu Marketing

Fungsi segmentasi, targeting, dan positioning (STP) dalam ilmu marketing ini ada banyak sekali. Fungsi dari segmentasi, targeting dan positioning ini tentu saja untuk meningatkan penjualan produk.

Dalam ilmu marketing pada MarketingKita.com bahwa sebuah perusahaan yang memutuskan untuk beroperasi dalam suatu pasar yang luas baik itu pasar konsumen, industri, pedagang kecil, atau pemerintah akan mengetahui bahwa mereka secara tidak akan dapat melayani semua pelanggan dalam pasar tersebut, karena pasar terdiri dari banyak sekali pembeli, dan para pembeli itu berada dalam satu dan lain hal termasuk dalam hal keinginan, sumber daya, lokasi, sikap pembelian, dan pola pembelian mereka.

segmentasi pemasaran ini tentu saja sangat baik digunakan dalam melakukan pemasaran. Dan pengertian segmentasi pasar dalam ilmu marketing ini untuk menunjukan bahwa betapa pentingnya untuk melakukan segmentasi pasar.

Dalam pemasaran strategis modern dapat dijelaskan sebagai pemasaran STP sesuai ilmu marketing yaitu segmenting (segmentasi), targeting (penentuan target pasar) dan positioning (penentuan posisi pasar). Namun para pelaku pemasaran tidak selalu harus berpegang pandangan ini dalam strategis pemasaran, para pelaku pemasaran ini tentunya akan melewati tiga tahapan berikut :


Pemasaran Masal (Mass Marketing)


Pada tahap ini, perusahaan akan memproduksi secara besar – besarn, dan juga mempromosikan secara besar – besaran hanya pada satu jenis produk kepada seluruh pembeli. Strategi pasar ini pernah ditempuh oleh Henry Ford, yang memproduksi mobil Ford Model T bagi seluruh pasar.

Mereka menyatakan, bahwa warna mobil yang tahan lama adalah hitam. Merupakan alasan pokok  ditempuhnya pemasaran massal ialah rendahnya harga pokok dan harga jual sehingga diharapkan akan tercipta pasar potensial yang paling besar dengan harapan ilmu marketing yang diterapkan dapat tercapai.


Pemasaran Aneka Produk (Product Variety Marketing)


Di sini perusahaan memproduksi dua atau lebih produk yang masing – masing berlainan dalam model, ukuran, kualitas dan sebagainya. General Motors misalnya, saat ini membuat beberapa mobil dengan nama yang berbeda disertai ciri dan gaya.

Dengan demikian, perusahaan menyajikan berbagai produk kepada pembeli, dan bukannya berusaha memikat segmen – segmen pasar yang berbeda. Tentu saja, pelanggan perlu variasi. Karena variasi ini tentunya untuk meningkatkan ilmu marketing dalam melakukan pemasaran suatu produk.

Pemasaran Sasaran (Target Marketing)


Pada tahap ini, pasar mulai di pisahkan secara jelas ke dalam banyak segmen pasar kemudian perusahaan memilih satu atau lebih segmen, memproduksi barang dan mengembangkan segala bauran pemasaran yang dirancang khusus untuk masing – masing segmen.

Seperti yang terjadi sekarang ini Coca – Cola memproduksi merek lain seperti Fanta  Kuning untuk memenuhi selera konsumen Indonesia yang sangat senang dengan rasa jeruk.

Dalam melakukan pemasaran sasaran ini memerlukan 3 langkah utama, yaitu :

Segmenting Pasar (Segmenting)


Yaitu tindakan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda – beda yang mungkin membutuhkan produk – produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah. Perusahan mengidentifikasi cara – cara yang berbeda untuk memilah – milah pasar dan untuk mengembangkan gambaran dari segmen pasar yang dihasilkan.

Penentuan Pasar Sasaran (Targeting)


Yaitu suatu tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki.

Penempatan Produk (Positioning)


Yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasaran.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa STP ini dapat disesuaikan dengan bentuk usaha dan industri yang dikerjakannya, baik berupa perusahaan besar ataupun berupa usaha kecil menengah sesuai dengan ilmu marketing yang diterapkannya.
Fungsi Segmentasi, Targeting, Dan Positioning (STP) Dalam Ilmu Marketing Fungsi Segmentasi, Targeting, Dan Positioning (STP) Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.