Cara Menghadapi Konsumen Agresif Dalam Ilmu Marketing

Cara Menghadapi Konsumen Agresif Dalam Ilmu Marketing
Cara Menghadapi Konsumen Agresif Dalam Ilmu Marketing

Pada pembahasan kali, akan memberikan cara menghadapi konsumen agresif dalam ilmu marketing bahkan hingga menawar sebuah produk dengan harga yang membuat pedagang rugi. Tentunya dalam ilmu marketing itu sendiri sebuah transaksi antara penjual dan pembelli akan melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga yang disepakati demi sebuah produk baik itu online ataupun cash on delivery.

Peristiwa seperti ini sering kita jumpai dan sering pula kita lakukan dimanapun baik di pasar, kantin, online shop, dll itu membutikan jika penerapan ilmu marketing itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pada saat melakukan tawar menawar ini akan menimbulkan pemikiran sang pembeli untuk menebak harga asli dari sebuah produk saat pedagang itu memberikan harga suatu produk. “Kayanya itu harga jeruk sekilo sekitar 5 ribu klo ditawar 7 ribu juga engga akan rugi penjualnya masih banyak pembeli lainnya yang bisa beli 10 ribu sekilo”, mungkin seperti itu isi hati dari pembeli jika menebak harga.

Konsumen menebak harga sebelum ditawarkan pembeli itu hal wajar jika konsumen menebak harga terlebih dahulu. Dalam ilmu marketing itu sendiri bahwa tidak ada larangannya untuk menebak harga. Jadi seilahkan saja bebas untu menebak perkiraan harga dari sebuah produk.

Dengan perkiraan harga yang ditebak sebelumnya, dengan refleknya pembeli akan langsung menanyakan harga dan melakukan tawar menawar dengan harga serendah mungkin bahkan sampai harga yang tidak masuk akal demi sebuah produk.

Contohnya saja ketika membeli gadget berupa smartphone, penjual menawarkan harga 3 juta dan pembeli tentunya akan menanyakan spesifikasi dari produk tersebut sehingga produk tersebut bisa dijual dengan harga seperti itu.

Ketika konsumen tertarik dengan produk tersebut tentunya akan langsung melakukan tawar menawar tsesuai dengan ilmu marketing. Tentunya dalam melakukan penawaran pun pasti dengan harga serendah mungkin. Dan pembeli tidak ingin kalah dari penjualnya.

Untuk itu ada baiknya jika pemilik toko atau perusahaan memiliki manajemen sumber daya manusia dalam ilmu marketing ini sudah terlatih dengan baik. Sehingga dari peristiwa tersebut dapat kita antisipasi untuk mnghindari kerugian yang akan dialami oleh penjualnya dengan berbagai cara seperti :

Jelaskan Produk Dengan Detail


Dengan menjelaskan secara detail terhadap produk tersebut, maka konsumen akan mengerti kenapa poduk tersebut bisa memiliki harga yang sesuai dengan kemampuan produk tersebut.

Contohnya seperti : “Jika ibu menggunakan smartphone ini menjadi kekinian. Apalagi produknya punya keunggulan lebih baik dari kompetitior lainnya yang memiliki selisih harga sedikit dengan produk lainnya, dan spesifikasinya pun jauh lebih baik dibandingkan dengan produk lainnya. Secara tidak langsung nanti ibu bisa jadi tambah eksis juga dengan smartphone ini. dilengkapi dengan fitur canggih dual camera buat ibu selfie juga jadi tambah cantik. Nanti di posting di instagram banyak yang komen ibu makin cantik aja, ibu makin kece sekarang, dll”.

Tawarkan Produk Yang Sesuai Budget Konsumen


Dengan menawarkan produk lain yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen, maka konsumen itu sendiri mau tidak mau harus membeli produk yang diinginkan dengan harga yang sesuai jika tidak ingin menerima produk lainnya.


Tawarkan Konsumen Cek Harga Dengan Toko Lain


Ketika menawarkan konsumen untuk ke toko lain, maka konsumen akan berusaha bertahan pada toko tersebut untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Biarkan Konsumen Pergi


Dengan membiarkan konsumen pergi ini, tentunya untuk menghindari kerugian dari konsumen yang menginginkan produk yang murah. Dan konsumen tentunya akan kembali lagi jika tidak mendapatkan harga yang lebih murah di toko sebelumnnya.

Dengan begitu untuk menghindari kerugian penjual dari konsumen karena tawaran harga produk yang lebih murah. Tentunya setiap penjual juga akan memiliki cara sendiri untuk menghadapi konsumen yang agresif menawar harga sesuai ketentuan manajemen dari pemilik toko.

Komunikasi yang baik dan manajemen sumber daya manusia yang baik pula akan dapat menghadapi konsumen yang agresif seperti itu. MarketingKita.com juga memberikan cara ilmu marketing untuk menghadapi konsumen seperti ini.
Cara Menghadapi Konsumen Agresif Dalam Ilmu Marketing Cara Menghadapi Konsumen Agresif Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.