Retail Menurut Kelompok Produknya Dalam Ilmu Marketing

Retail Menurut Kelompok Produknya Dalam Ilmu Marketing
Retail Menurut Kelompok Produknya Dalam Ilmu Marketing

Retail menurut kelompok produknya dalam ilmu marketing ini dapat dibedakan menurut kelompok produknya sehingga dapat dengan mudah ditemukan dalam lingkungan sekitar. Dengan mengelompokan produknya ini akan memudahkan konsumen dalam mencari produk untuk memenuhi kebutuhan dari konsumennya.

Retail ini tentunya dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu, General merchandise store, Single-line store, dan Specialty store dalam ilmu marketing.

Ketiganya tersebut tentu saja memiliki ketentuanya masing – masing. Itu karena tidak semuanya retailer mampu menyediakan semua kebutuhan dari konsumennya. Akan tetapi dengan mengelompokan produknya akan memudahkan konsumen untuk memperoleh barang atau produk sesuai kebutuhannya.

Dengan mengelompokan produknya, tentu saja seorang penjual juga akan lebih mudah untuk memiliki manajemen pemasaran dan distribusi ilmu marketing dengan baik. Maka dari itu pengelompokan produk ini dapat memperngaruhi perkembangan dari sebuah strategi pemasaran dari suatu perusahaan.

Pengelompokan produk ini dapat juga dilakukan pada bisnis ukm. Hanya saja pengelompokan produk dalam ukm ini tidak akan terlalu banyak produk yang dikelompokan seperti halnya perusahaan dan distributor yang memiliki produk yang banyak.

Sebagai ukm yang sedang berkembang pengelompokan produknya ini tentu saja sangat baik dan agar lebih mudah dalam mengatur dan memanajemennya. Dengan manajemen yang baik akan mudah bagi para pelaku pemasaran untuk bertanggung jawab terhadap produk yang dikelolanya.

Dalam pemasarannya sebuah product line ini tentunya memiliki target konsumennya sendiri. Dalam sebuah outlet ini terkadang terdapat lebih dari satu produk line. Maka dari itu outlet tersebut haruslah dapat menyusun dan menempatkan product linenya sesuai dengan tempat yang memudahkan bagi konsumennya.

Penggunaan product line (pengelompokan produk) tentu saja dapat ditemukan dimana saja, seperti supermarket, online store, department store, fashion store, dll. Contoh pada toko serba ada, yaitu handphone dan tablet masih dalam satu product line yang sama yaitu kelompok produk gadget. Begitu juga dengan toko pakaian, toko fashion, dll.
Retail Menurut Kelompok Produknya Dalam Ilmu Marketing Retail Menurut Kelompok Produknya Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.