Persaingan Distributor Dalam Berstrategi Ilmu Marketing

Persaingan Distributor Dalam Berstrategi Ilmu Marketing
Persaingan Distributor Dalam Berstrategi Ilmu Marketing

Dalam distributor terdapat banyak sekali kendala yang menjadi sebuah masalah. Dan kendala tersebut tidak hanya dari dalam distributor tersebut melainkan dari luar distributor pun banyak sekali. Kendala yang paling banyak ditemukan yaitu adanya persaingan penerapan ilmu marketing yang berbeda-beda dengan distributor lain.

Dari kendala yang dihadapi oleh distributor ini tentunya akan menjadi permasalahan yang timbul pada distributor dalam ilmu marketing. Maka dari setipa kendala yang dihadapi ini harus segera diselesaikan dengan bijak.

Persaingan antar distributor ini terjadi karena perebutan area atau wilayah dengan distributor lainnya. Dan tidak hanya pada perebutan area atau wilayah saja, melainkan adanya produk lain (kompetitor) dari distributor lain. Dengan adanya persaingan ini akan menunjukan kemampuan berstragtegi dari ilmu marketing terbaik yang diterapkan pada produk dan distributor terhadap konsumennya.

Banyak sekali distributor yang kurang berani atau kurang mampu dalam persaingan marketing ini yang mengakibatkan perusahaan produksi melepaskan kerjasama dengan distributor dan lebih memilih ke distributor lainnya yang memiliki penerapan ilmu marketing yang bagus. Oleh karena itu setiap distributor harus mampu menghadapi persaingan dengan distributor lain.

Semakin banyak persaingan dengan distributor lain akan semakin banyak perkembangan yang terjadi bagi distributor tersebut. Persaingan antar distributor ini terjadi jika distributor lainnya melakukan pemasaran terhadap produk yang sama dan produk yang memiliki kesamaan dari fungsi dan kegunaannya.

Pada dasarnya persaingan distributor dalam berstategi ilmu marketing ini untuk dapat mengetahui ramainya terhadap suatu produk dan kepuasan bagi konsumen itu sendiri. Jika tidak adanya persaingan maka sebuah distributor tersebut akan tetap dan tidak akan mengalami perkembangan yang pesat dalam mencapai tujuan yang lebih baik lagi.

Persaingan distributor ini tidak hanya memberikan dampak yang baik pula, melainkan pada ilmu marketing itu sendiri bahwa distributor dapat memberikan dampak yang negatif juga. Itu bisa saja terjadi karena setiap distributor akan banyak membuat strategi untuk menjatuhkan distributor lain untuk mengurangi persaingan.

Dan dalam persaingan ini dapat mengakibatkan persaingan yang tidak sehat antar distributor. Maka dari itu untuk menghindari hal yang seperti itu maka dari setiap distributor akan membuat strategi dalam melakukan pemasaran dan distribusi. Dan yang akan terjadi adalah persaingan dalam berstrategi dalam menerapkan ilmu marketing pada pemasaran dan distribusi untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Maka dari itu sebuah persaingan dalam ilmu marketing itu begitu baik karena memiliki dampak positif yang dapat menguntungkan bagi perusahaan dan distributor yang bersangkutan. Dengan semakin ramainya persaaingan maka setiap distributor akan saling berlomba untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Persaingan dalam marketing distributor ini akan selalu terjadi, dan untuk mempertahankan kepuasan konsumen terhadap distributor harus dijaga supaya konsumen ini tidak berpaling kepada distributor lainnya. Karena jika begitu maka persaingan akan semakin berat dengan distributor lainnya. Dari persaingan inilah maka sebuah distributor harus bisa memperbaiki kinerjanya dan mempertahankan kepuasan konsumen terhadap pelayanan dari distributor tersebut.

Persaingan ini tidak hanya terjadi pada distributor, persaingan dapat terjadi kepada siapa saja dan organisasi siapa saja. Persaingan antar konsumen juga dapat terjadi karena perilaku dan sikap konsumen tersebut yang ingin menang sendiri dibandingkan konsumen lainnya.

Tidak ada salahnya jika terjadi sebuah persaingan, melainkan dengan adanya persaingan ini dapat menimbulkan dampak yang baik. Seperti dengan adanya persaingan ini maka akan dituntut lebih untuk melakukan perubahan baik dari kinerja, produk, harga, dan pelayanan yang lebih baik lagi bagi konsumennya.
Persaingan Distributor Dalam Berstrategi Ilmu Marketing Persaingan Distributor Dalam Berstrategi Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.