Pengertian Umum Pasar Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Umum Pasar Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Umum Pasar Dalam Ilmu Marketing

Pengertian umum pasar dalam ilmu marketing merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli dan juga merupakan tempat terjadinya transaksi. Pasar terbagi menjadi dua yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Tidak hanya itu dijaman sekarang pasar telah berkembang.

Pasar tidak hanya berupa sebuah tempat nyata seperti adanya bentuk fisik berupa bangunan dan barang-barang yang dijualnya, melainkan pasar sekarang sudah ada yang berbetuk seperti gambar atau bayangan tidak ada bentuk fisiknya berupa bangunan tetapi mampu membentuk sebuah transaksi jual beli antar penjual dan pembelinya.

Pada umumnya pasar ini merupakan tempat yang ramai dan banyak sekali akan produk konsumtif untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Namun pasar sekarang sudah mulai berkembang tidak hanya terdapat produk atau barang untuk kebutuhan lainnya.

Pasar sekarang sudah bisa menjadi lahan untuk acara atau event hiburan masyarakat. Itu karena pasar merupakan tempat yang strategis dan terdapat banyak orang setiap harinya.

Pasar juga mampu menunjukan tingkat kebutuhan konsumtif masyarakat. Dengan begitu semakin ramai sebuah pasar semakin menunjukan perkembangan pasar tersebut. Dalam ilmu marketing bahwa pasar akan menunjukan tingkat konsumtif masyarakat melalui produk atau barang yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang - orang yang berbelanja di pasar.

Pasar juga bisa menjadi sebuah daya tarik masyarakat dalam sebuah wilayah seperti kota. Karena peranan pasar dalam sebuah wilayah sangat bererngaruh teerhadap tingkat kemampuan ekonomi dalam wilayah tersebut. maka dari itu pasar perlu dijaga dan dirawat agar tetap banyak masyarakat datang untuk berbelanja memenuhi kebutuhannya.

Dalam sebuah pasar akan banyak ditemukan sekali banyak distributor dan petani juga yang mensuplai untuk selalu menyediakan produk atau barang yang menjadi kebutuhan konsumennya. Maka dari itu pasar selalu ramai karena di pasar itu akan berusaha menyediakan barang atau produk yang segar untuk kebutuhan konsumennya.

Pasar memiliki waktunya tersendiri disaat pasar akan mengalami keramaian akan banyaknya konsumen yang datang. Pasar juga terdapat pasar yang memiliki kemampuan lebih dari pasar yang lainnya atau lebih dikenal dengan pasar induk.

Pasar induk ini biasanya akan selalu ramai setiap harinya 24 jam, dan biasanya akan sepi disaat hari hari tertentu seperti disaat lebaran. Tidak hanya itu pasar juga dapat terbagi menjadi berdasarkan fungsinya dan tempatnya. Seperti adanya pasar ikan yang hanya menjual produk laut hasil tangkapan para nelayan yang biasanya pasar ini terdapat di dermaga dekat kapal ikan berlabuh.

Pasar sudah menjadi tujuan target pemasaran oleh banyak orang. Karena dalam pasar terdapat perputaran barang dengan cepat setiap harinya. Dengan begitu dengan semakin cepat perputaran produk atau barang di pasar ini maka akan memberikan dampak yang baik bagi banyak pihak seperti distributor, petani, dan juga konsumen arena bisa mendapatkan produk atau barang yang segar setiap harinya.

Pasar ini tentunya memiliki produk yang beragam. Sehingga terkadang produk di pasar sering dilakukan seperti pengelompokan barang seperti contoh single line store dalam ilmu marketing.
Pengertian Umum Pasar Dalam Ilmu Marketing Pengertian Umum Pasar Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.