Pengertian Supermarket Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Supermarket Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Supermarket Dalam Ilmu Marketing

Dalam ilmu marketing itu sendiri terdapat yang namanya outlet besar yang mampu menjual berbagai macam produk dengan kemasan yang berbeda dengan outlet retail kecil lainnya yang bisa disebut sebagai supermarket.

Pengertian supermarket dalam ilmu marketing merupakan media pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dalam menjual barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Supermarket ini tentu saja menawarkan barang atau produk kemasan yang jauh lebih banyak dari pasar tradisional.

Bahkan tidak semua barang atau produk yang ada di supermarket ini terdapat pada pasar tradisional. Itu merupakan salah satu strategi pemasaran distributor sesuai dengan ilmu marketing.

Jika supermarket ini menjual semua kebutuhan konsumen sehari – hari maka dapat dimungkinkan produktivitas  ekonomi pada pasar tradisional akan menurun.

Supermarket ini tentunya merupakan bagian dari pasar modern. Pasar modern menurut ilmu marketing ini merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Akan tetapi memiliki perbedaan dengan pasar tradisional.

Supermarket ini tentunya terdapat dekat sekali dengan lingkungan konsumennya. Itu karena target pemasaran dari ilmu marketing sebuah supermarket yaitu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Bahkan dalam suatu wilayah bisa terdapat sedikitnya dua supermarket yang saling bersaing.

Yang tentunya kedua supermarket tersebut berbeda perusahaannya. Itu dikarenakan kedua supermarket tersebut untuk menunjukan perkembangan penjualan dan juga untuk membandingkan perkembangannya dengan supermarket lainnya untuk saling bersaing ilmu marketing.

Dengan adanya supermarket ini akan semakin menambah penjualan dari distributor. Karena supermarket ini dikelola sebaik mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumennya juga. Dan supermarket juga kini tidak hanya menjual berupa barang atau produk saja, bahkan kini telah melakukan penjualan berupa jasa.

Sudah banyak sekali perkembangan supermarket dijaman sekarang ini. Setiap perkembangan supermarket ini karena didukung juga oleh perusahaan lain karena dengan adanya supermarket akan memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya berupa barang atau jasa. 

Jasa yang disediakan oleh supermarket yaitu salah satunya sebagai media pembayaran bagi konsumen, seperti pembayaran listrik, pemesanan tiket, isi pulsa, dll. Maka dari itu banyak sekali perusahaan yang ingin bekerjasama dengan supermarket untuk menerapkan ilmu marketingnya untuk meningkatkan penjualan.

Sekarang supermarket ini sudah berada dimana saja, bahkan di perkotaan saja supermarket ini dapat ditemukan setiap 100 meter. Itu karena akan lebih memudahkan masyarakat lebih mudah menjangkau supermarket dalam memenuhi kebutuhannya. Supermarket ini tentunya memiliki barang atau produk yang begitu banyak sekali dan mendisplaynya dengan begitu rapih dan tersusun.

Supermarket ini sudah menjadi salah satu media pemasaran dalam ilmu marketing oleh banyak perusahaan khususnya distributor. Supermarket ini tentunya ada yang mampu menjual kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya bagi konsumen. Akan tetapi supermarket seperti ini tentunya tidak sebanyak supermarket pada umumnya.

Contoh dari supermarket yang mampu menjual berbagai macam barang atau produk seperti alat elektronik, peralatan rumah tangga, makanan ringan, sembako, dll. Supermarket seperti ini dalam ilmu marketing bisa disebut sebagai toko serba ada (Toserba).

Supermarket seperti toserba ini biasanya hanya terdapat satu dalam suatu wilayah pemasaran. Itu karena supermarket tersebut tentunya mampu menjual dan menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya bagi konsumen. Bahkan supermarket seperti ini juga mampu menyediakan fasilitas lain seperti food court.

Maka tidak heran jika supermarket toserba seperti ini tentu akan lebih banyak menarik minat konsumen lebih banyak dibandingkan supermarket kecil yang lainnya. Supermarket ini sudah seperti pasar tradisional yang tersusun secara rapih yang juga menyediakan kebutuhan pokok seperti daging, sayuran dll yang masih segar tentunya.

Supermarket ini dibuat dengan sedemikian rupa dimana barang atau produk ditampilkan dan disediakan berdasarkan jenis barang atau kelompok produknya  sesuai dengan kebutuhannya masing – masing sesuai dengan ilmu marketing.

Dengan begitu akan memudahkan konsumen dalam memilih dan menentukan barang atau produk yang diinginkannya. Tidak hanya itu supermarket juga memberikan pelayanan pembayaran yang mudah baik dengan uang cash ataupun dengan kartu kredit. Yang tentunya supermarket tersebut sudah memiliki sistem sendiri dalam transaksi penjualan dengan konsumennya.

Supermarket tentunya akan memberikan struk atau faktur bagi konsumen setelah melakukan pembayaran sebagai bukti transaksi. Struk atau faktur tersebut sangat berguna karena terdapat nilai harga dari setiap barang atau produk yang telah dibeli secara rinci.
Pengertian Supermarket Dalam Ilmu Marketing Pengertian Supermarket Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 23.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.