Pengertian Merchandiser Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Merchandiser Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Merchandiser Dalam Ilmu Marketing

Merchandiser ini merupakan bagian dari pelaku pemasaran. Akan tetapi merchandiser ini tidak ditujukan untuk melakukan penjualan seperti salesman sebagai pelaku pemasaran lainnya dalam perusahaan.

Pengertian merchandiser dalam ilmu marketing ini tentunya ditujukan untuk mampu mendisplay sebaik mungkin untuk dapat menarik perhatian konsumen. Merchandiser ini harus mampu mendisplay produknya untuk dapat berada di bagian paling depan dari sebuah outlet. Itu karena akan membuat konsumen mengetahui bahwa outlet tersebut menjual barang atau produk dari perusahaan tersebut.

Dengan adanya merchandiser ini tentunya akan membantu perusahaan dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen. Merchandiser ini tentunya berbeda dengan Sales Promotion Girl atau Sales Promotion Boy.

Itu karena merchandiser ini ditujukan untuk mendisplay barang atau produk di outlet. Sedangkan Sales Promotion ini ditujukan untuk mampu memahami dan mempromosikan barang atau produk kepada konsumennya agar tertarik terhadap barang atau produk tersebut sehingga konsumen ini ingin mencoba dan memilikinya.

Peranan merchandiser ini tentunya harus didukung pula oleh pelaku pemasaran lainnya seperti salesman, sales promotion, dll. Itu Karena seorang merchandiser ini akan dapat bekerja jika barang atau produk tersebut telah ada di outlet atau membawa barang atau produknya sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan dari merchandiser ini maka salesman inilah yang diharuskan mampu untuk memenuhi kebutuhan outletnya agar tersedia barang atau produk. Dengan begitu merchandiser akan membuat tampilan atau display barang atau produk di outlet tersebut sebaik mungkin sehingga dapat menarik konsumen.

Dengan membuat tampilan display barang atau produk pada outlet tentunya akan memberikan dampak yang baik pemilik outlet dan juga perusahaan. Itu karena produk yang ditampilkan akan lebih mudah dilihat lebih banyak konsumen dan menarik minat konsumen.

Semakin banyak konsumen membeli barang atau produk yang tersedia di outlet khusunya yang di display maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan diperoleh dari outlet tersebut. Outlet tersebut tentunya akan memperoleh keuntungan lain dari perusahaan karena mampu melakukan display dan penjualan sebanyak mungkin.

Seorang merchandiser tentunya mampu membuat tampilan display sebaik mungkin, khusunya dalam mendisplay barang atau produk pada supermarket. Pada supermarket ini tentunya merchandiser harus dapat membuat tampilan barang atau produknya tersebut dapat memiliki tempat lebih banyak untuk mengurangi keberadaan dari kompetitor.

Dan tentunya dalam mendisplay pada supermarket akan lebih baik mendapatkan tempat yang mudah untuk dijangkau oleh konsumen. Melakuka display produk seperti di supermarket ini sudah termasuk sebagai merchandiser modern. Pengertian merchandiser modern dalam ilmu marketing ini untuk membuat display produk pada modern market seperti toko serba ada (toserba), supermarket, dll.

Semakin banyak barang atau produk yang di display maka akan semakin besar peluang bagi kemungkian konsumen tidak akan memilih produk kompetitor. Kini merchandiser juga sudah banyak digabungkan dengan salesman, sehingga menambah pekerjaan yang harus dilakukannya. Dengan begitu akan menambah ilmu marketing lebih efektif bekerja dengan adanya salesman sekaligus merchandiser ini.
Pengertian Merchandiser Dalam Ilmu Marketing Pengertian Merchandiser Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 23.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.