Pengertian Marketing Society Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Marketing Society Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Marketing Society Dalam Ilmu Marketing

Dalam ilmu marketing ini terdapat istilah marketing society atau pemasaran sosial. Pengertian maarketing society dalam ilmu marketing ini merupakan salah satu cara memberikan dampak postif bagi masyarakat yang bukan user terhadap suatu produk. Ini merupakan  salah satu bentuk pemasaran yang memiliki target terhadap lingkungan sekitar, bukan tertuju kepada konsumen langsung. Dalam ilmu marketing sendiri bahwa marketing society ini dapat dirasakan secara tidak langsung oleh masyarakat umumnya.

Marketing society ini seperti seorang konsumen menggunakan suatu produk seperti kopi. Konsumen yang mengonsumsi kopi ini akan mendapatkan manfaat dari kopi tersebut. Sedangkan masyrakat sekitar yang tidak mengonsumsi dapat memanfaatkan limbah dari kopi tersebut seperti bungkus kemasan kopi tersebut dapat dijadikan kerajinan tangan yang dapat dijual.

Dengan begitu produk yang dihasilkan oleh produk yang dihasilkan oleh masyarakat tersebut merupakan salah satu cara melakukan branding produk dalam ilmu marketing yang akan meningkatkan pemasaran dan pengenalan produk kopi tersebut berupa kerajinan tangan yang bernilai jual.

Marketing sosial ini bertujuan untuk memberikan kepuasan masyarakat sekitar yang tidak menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk atau jasa untuk mendapatkan dampak yang bermanfaat. Dengan begitu sebuah perusahaan melakukan pendekatan terhadap masyarakat untuk dapat memuaskan masyarakat pula.

Karena sebuah perusahaan ini selain harus memuaskan konsumen, harus dapat memuaskan masyarakat juga yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan ilmu marketing perusahaan tersebut. Dengan memuaskan masyarakat ini tentunya dapat memberikan feedback yang baik bagi perusahaan.

Pada marketing ini tentunya dapat meningkatkan pemasaran suatu brand untuk lebih dikenal oleh masyarakat umum lainnya. Walaupun masyarakat itu tidak harus menjadi konsumen pada brand tersebut.

Misalnya saja seperti layanan toko online yang memberikan kompetisi bagi seluruh konsumen dan masyarakat lainnya. Sehingga semuanya dapat mengukuti kompetisi tersebut meskipun belum pernah menjadi konsumen dari brand tersebut. Dengan begitu pengenalan brand tersebut lebih meningkat dan memberikan manfaat bagi yang lainnya.
Pengertian Marketing Society Dalam Ilmu Marketing Pengertian Marketing Society Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.