Pengertian Marketing Secara Umum Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Marketing Secara Umum Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Marketing Secara Umum Dalam Ilmu Marketing

Dalam ilmu pemasaran terdapat kata kunci yang disebut dengan marketing. Kata marketing ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya yaitu pemasaran. Marketing ini berasal dari kata market yang artinya pasar.

Lalu pengertian marketing secara umum dalam ilmu marketing itu adalah suatu penyusunan strategi, cara dalam melakukan pemasaran, penjualan, pendistribusian untuk mencapai suatu target tertentu yang telah ditentukan untuk mendapatkan keuntungan sesuai ilmu marketing secara umum.

Marketing ini tentu sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Itu dikarenakan dalam ilmu marketing ini merupakan salah satu bagian dalam mengembangkan sebuah perusahaan atau organisasi. Dengan adanya marketing ini dapat membuat perencanaan dalam sebuah perusahaan atau organisasi ini dapat tercapai.

Marketing terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu :
  • Marketing produk (berupa barang)
  • Marketing non produk (berupa pelayanan jasa)
Kedua marketing tersebut jelaslah berbeda, karena memiliki tujuan yang berbeda juga.

Dijaman sekarang ini sudah banyak perusahaan atau organisasi yang menggunakan kedua bentuk marketing tersebut. Dan dengan begitu ada banyak pula perusahaan atau organisasi yang bisa tumbuh dan berkembang dengan menggunakan kedua bentuk ilmu marketing tersebut.

Di setiap perusahaan atau organisasi mempunyai cara dalam melakukan marketing itu sendiri. Dalam menentukan cara marketing pada sebuah perusahaan atau organisasi adalah dengan melakukan seleksi dari beberapa cara dari ilmu marketing yang telah ada dan disesuaikan dengan kemampuan dan bidang dari perusahaan atau organisasi tersebut.

Tidak hanya dari hasil seleksi, melainkan ada juga yang menggunakan dan mengkombinasikan dari berbagai cara dari ilmu marketing untuk perusahaan itu sendiri. Seperti menggunakan seni pemasaran silang (cross selling) dalam ilmu marketing.

Dengan begitu dengan mengkombinasikan dari berbagai cara dari ilmu marketing ini akan menghasilkan cara untuk ilmu marketing terbaru yang nantinya akan menjadi salah satu kompetitor dalam menentukan cara dari ilmu marketing bagi perusahaan atau organisasi.

Marketing juga tidak hanya terdapat pada sebuah perusahaan atau organisasi. Melainkan marketing itu terdapat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Contohnya seperti bentuk transaksi jual beli, transaksi barter, program diskon pada supermarket, dsb.

Ilmu marketing tidak akan lepas dari kegiatan manusia sehari-hari, hanya saja banyak yang kurang menyadarinya tetapi merasakan dampak dari ilmu marketing itu sendiri. Dan manusia juga kurang memahami arti secara luas tentang marketing itu sendiri. Padahal ilmu marketing ini terjadi dalam kegiatan manusia sehari-harinya.

Dan pemahaman masyarakat secara umumnya yaitu sebuah marketing ini merupakan bagian atau divisi yang melakukan penjualan untuk mencapai omset pada perusahaan atau organisasi tersebut. Serta marketing ini kurang disadari oleh masyarakat.

Karena masyarakat umum memiliki pemahaman terhadap marketing ini, seperti contohnya transaksi jual beli online, dimana ini merupakan sebuah caara marketing melalui media internet untuk mengiklankan dan mencari produk yang akan kita jual dan yang kita butuhkan.

Maka dari itu, ilmu marketing pada MaretingKita.com ini sangat luas dan dekat sekali dengan kehidupan manusia sehari-hari. Marketing tidak juga dapat dilakukan oleh perusahaan atau organisasi, melainkan tiap individu juga dapat melakukan marketing untuk menghasilkan profit tersendiri. Dengan adanya marketing ini maka akan tersturktur dalam mencapai tujuan dari dibentuknya sebuah perusahaan atau organisasi.
Pengertian Marketing Secara Umum Dalam Ilmu Marketing Pengertian Marketing Secara Umum Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 11.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.