Pengertian Komunikasi Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Komunikasi Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Komunikasi Dalam Ilmu Marketing

Pengertian komunikasi dalam ilmu marketing merupakan hubungan antar individu-individu, individu-kelompok, kelompok-kelompok yang terdapat sebuah informasi yang harus diketahui oleh individu atau kelompok lainnya karena komunikasi merupakan proses pertukaran informasi dan arti.

Komunikasi dalam ilmu marketing ini diperlukan dalam perusahaan atau organisasi karena komunikasi ini berperan penting dalam kemajuan dan perkembangan sebuah perusahaan atau organisasi.

Komunikasi yang baik di dalam perusahaan atau organisasi dapat menimbulkan dampak yang baik. Dan dengan komunikasi sesuai ilmu marketing yang baik maka akan meminimalisir terhadap kesalahan komunikasi antar divisi pada perusahaan atau organisasi.

Komunikasi ilmu marketing yang baik akan memberikan keefektifan yang lebih besar dalam bekerja. Dengan komunikasi juga dapat menempatkan karyawan perusahaan atau anggota organisasi ini sesuai dengan kemampuan bekerjanya. Komunikasi yang baik juga dapat menimbulkan hubungan yang lebih baik lagi antara atasan dengan bawahan pada perusahaan.

Dalam prosesnya, komunikasi ilmu marketing ini merupakan penyampaian pesan dari pengirim kepada penerima dengan menggunakan isyarat atau sarana komunikasi lainnya. Komunikasi ini juga dapat mempengaruhi perilaku, sikap dan kepercayaan.

Komunikasi ilmu marketing ini juga terdapat beberapa bentuknya, seperti komunikasi secara lisan atau tulisan dan komunikasi secara verbal dan non verbal. Komunikasi pada ilmu marketing ini selalu berhubungan dengan waktu dan situasi komunikasi tersebut berlangsung. Pada komuikasi verbal ini disertai dengan penggunaan bahasa tubuh. Itu dikarenakan untuk memperjelas dan melengkapi komunikasi tersebut.

Komunikasi dalam organisasi ini sangat penting. Karena komunikasi dalam organisasi tersebut terdapat informasi yang menjadi bahan komunikasi dalam organisasi tersebut, bagaimana proses terjadinya komunikasi antar anggota dalam organisasi tersebut.

Komunikasi ilmu marketing juga terdapat kendala yang menjadi hambatan dalam proses komunikasi tersebut. Banyak sekali kendala dalam komunikasi. Itu dikarenakan kurangnya penjelasan terhadap informasi yang menjadi bahan dalam komunikasi tersebut, kesalahan karena media komunikasi, perbedaan psikologi antar individu dalam berkomunikasi.

Untuk meminimalisir kendala dalam komunikasi ilmu marketing ini maka diperlukan dengan memeriksa secara terus menerus terhadap informasi yang akan diberikan dan yang akan diterima agar tidak terjadi kesalahan komunikasi.

Dalam membetuk komunikasi ilmu marketing yang efektif perlu diperhatikan bahwa :
  • Komunikasi tersebut harus bersifat manusiawi
  • Memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan baik
  • Komunikasi juga disesuaikan dengan keadaan si penerima
  • Informasi yang disampaikan juga harus secara ringkas dan jelas

Oleh karena itu maka komunikasi dalam ilmu marketing itu sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dan komunikasi merupakan suatu proses berhubungan antar anggota dalam organisasi.

Komunikasi ini tidak hanya dilakukan dalam ruang lingkup manajemen perusahaan saja. Melainkan komunikasi dengan konsumen juga perlu dilakukan. Karena komunikasi yang baik akan menjadi salah satu cara menghadapi konsumen agresif dalam ilmu marketing.
Pengertian Komunikasi Dalam Ilmu Marketing Pengertian Komunikasi Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 23.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.