Pengertian Distributor Umum Dalam Ilmu Marketing

Pengertian Distributor Umum Dalam Ilmu Marketing
Pengertian Distributor Umum Dalam Ilmu Marketing


Pengertian distributor umum dalam ilmu marketing merupakan sebuah organisasi (perusahaan) yang bergerak dalam bidang pendistribusian terhadap produk untuk dapat diperoleh oleh konsumen. Dalam distributor ini akan terdapat banyak sekali bermacam produk yang siap untuk didistribusikan untuk dapat diperoleh dan digunakan oleh konsumen.

Pada distributor ini memiliki area atau wilayah yang telah menjadi target dalam melakukan distribusi. Marketing melalui distributor ini sangat baik karena dengan adanya distributor ini sebuah produk akan lebih mudah dipasarkan dan didapatkan oleh konsumen. Oleh karena itu distributor ini sangat berperan penting terhadap proses penjualan sebuah produk.

Sebuah distributor tentunya memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat adanya distributor dalam ilmu marketing ini memberikan dampak yang baik bagi konsumennya.

Distributor ini sudah memiliki area dan wilayah cakupan mereka dalam melakukan penjualan. Area yang menjadi target pemasaran sebuah distributor yaitu, pasar tradisonal, pasar modern (supermarket), retail dan grosir. Tidak hanya itu saja distributor juga dapat melakukan penjualan atau pemasaran terhadap konsumen secara langsung.

Dalam distributor ini difokuskan dalam mengejar target penjualan (omset) dan distribusi. Itu karena distributor ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan dari para konsumennya. Dan orang yang melakukan distribusi ini disebut dengan Salesman. Peran dari para sales ini sangat besar karena merekalah yang berinterksi langsung dengan penjual dan konsumen secara langsung.

Dalam melakukan distribusinya, sebuah distributor ini memcari wilayah atau area yang sangat strategis dalam melakukan pemasarannya. Dan distributor ini memiliki cara tersendiri dalam melakukan pendistribusian untuk disetiap areanya. Seperti distribusi di perkotaan akan berbeda dengan cara distribusi di daerah terpencil atau kurang dapat dijangkau oleh distributor besar.

Distributor juga harus dapat memberikan pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Distributor ini mengutamakan pelayanan terhadap penjual dan konsumen. Bukan berarti distributor juga mengabaikan terhadap kualitas dan kuantitas produk.

Distributor melakukan kerjasama dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang produksi. Karena tidak semua perusahaan mampu melakukan produksi sekaligus distribusi. Maka dengan adanya distributor inilah sebagai wadah bagi perusahaan yang bergerak di bidang produksi untuk melakukan pemasaran nya.

Distributor banyak sekali manfaatnya bagi perusahaan produksi, penjual, dan konsumen. Tidak hanya manfaat tetapi kekurangan dengan bekerjasama dengan distributor pun terkadang menjadi permasalahan dalam kerjasama antar perusahaan.

Dengan adanya distributor ini malah lebih baik dalam melakukan pemasaran, karena dengan distributor ini sistem pemasaran, penjualan, dan distribusi lebih terstruktur. Sehingga dapat mencapai tujuan bersama sesuai yang diharapkan oleh perusahaan lain yang bekerjasama dengan distributor ini.

Di Indonesia sendiri sudah berdiri banyak sekali distributor, dari distributor di bidang jasa dan produk pun sudah banyak. Dampak dari adanya distributor ini dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat setiap harinya.

Maka dari itu dengan semakin banyaknya distributor akan menimbulkan persaingan antar distributor itu sendiri. Persaingan dalam distributor ini dapat menunjukan kualitas dan kuantitas dari pelayanan distributor itu sendiri. Dan terus bersaing dalam membangun strategi ilmu marketing terbaik.

Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh distributor itu sendiri akan menjadi nilai lebih bagi distributor itu sendiri agar perusahaan lain dapat bekerjasama dengan distributor itu sendiri.

Distributor melakukan persaingan terhadap distributor lain yang memiliki kerjasama dengan perusahaan produksi yang sama. Seperti contohnya, distributor A melakukan pemasaran berupa produk air mineral dari perusahaan ABC dan distributor B juga melakukan pemasaran berupa produk yang sama air mineral dari perusahaan ABC. Dengan begitu distributor A dan distributor B akan saling bersaing dalam melkukan pemasaran dan distribusi.
Pengertian Distributor Umum Dalam Ilmu Marketing Pengertian Distributor Umum Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 22.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.