Penetapan Harga Produk Dalam Ilmu Marketing

Penetapan Harga Produk Dalam Ilmu Marketing
Penetapan Harga Produk Dalam Ilmu Marketing

Pada penetapan harga produk dalam ilmu marketing umumnya harga produk ini ditentukan oleh biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan produsen dalam membuat produknya. Akan tetapi dalam menentukan harga ini tidak selalu didasarkan pada biaya produksi. Melainkan harga tersebut yang dapat menentukan biaya produksi dari perusahaan produsen tersebut.

Dengan begitu maka akan terdapat berbagai macam pilihan cara perusahaan produsen untuk menentukan harga jual dari sebuah produk. Harga tersebut tentunya dapat menentukan sebuah perusahaan dapat mengikuti persaingan harga yang terjadi antar tiap perusahaan atau distributor yang memproduksi atau menjual produk yang sejenis.

Maka dengan begitu perusahaan atau distributor juga tentunya akan memberikan harga yang disesuaikan dengan harga pasar agar konsumen mendapatkan produk tersebut dengan harga yang terjangkau sesuai dengan ilmu marketing.

Sedangkan bagi penjual (retailer), maka harga yang ditetapkan oleh perusahaan produsen atau distributor tentunya diberikan harga yang berbeda untuk dapat bersaing dengan penjual lainnya.

Penjual ini tentunya dapat menetukan harga yang sama dengan tingkat pasar agar dapat mengkuti dalam persaingan. Dapat pula bagi penjual ini menentukan harga yang lebih tinggi atau yang lebih rendah dari tingkat harga dalam persaingan dengan penjual lainnya.

Penetapan harga produk ini tentunya akan mempengaruhi harga jual sebuah produk di pasar. Oleh karena itu harga di pasar ini tentunya menentukan nilai harga yang ditetapkan oleh perusahaan atau distributor lainnya untuk menetapkan harga jual kepada retailer sesuai dengan ilmu marketing untuk pemerataan harga produk yang sama bagi konsumen.

Penetapan harga jual ini juga bisa saja dipengaruhi oleh bentuk transaksi yang dilakukan antar distributor dengan konsumennya. Tentu saja dengan transaksi kredit akan lebih mahal dibandingkan dengan cash on delivery (COD) dalam ilmu marketing.

Perlu diperhatikan juga pada ilmu marketing ini bahwa sebuah harga yang terdapat di pasar ini bisa terjadi kenaikan atau penurunan atau bisa saja sama dengan distributor lainnya. Itu bisa terjadi jika perusahaan produsen memberikan penetapan harga yang sama terhadap setiap distributor. Maka dengan begitu keuntungan perusahaan dapat diperoleh dari penjualan yang tercapai oleh masing – masing distributor.
Penetapan Harga Produk Dalam Ilmu Marketing Penetapan Harga Produk Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 23.00 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.