Pasar Tradisional Menurut Ilmu Marketing

Pasar Tradisional Menurut Ilmu Marketing
Pasar Tradisional Menurut Ilmu Marketing

Pasar tradisional menurut ilmu marketing merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli secara langsung untuk bertransaksi dalam memenuhi kebutuhannya masing-masing dan memiliki bentuk fisik secara nyata berupa bangunan, produk atau barang, keramaiannya oleh banyak orang dalam suatu tempat sesuai dengan ilmu marketing.

Dalam ilmu marketing sendiri bahwa Pasar tradisional ini banyak sekali menjadi tujuan dalam pemasaran oleh distributor. Itu karena pasar tradisional ini sangat baik dan strategis dalam mendistribusikan. Tidak hanya itu pasar tradisonal juga menjadi tempat untuk menjual hasil panen yang masih segar dari para petani langsung baik sayuran, buah-buahan, dll.

Pasar tradisional juga menjadi tempat yang ramai karena banyaknya pengunjung setiap harinya. Pasar tradisional ini terdapat dalam suatu lingkungan. Didalam pasar tradisional akan banyak sekali ditemukan para penjual yang menjual berbagai macam produk dan barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam ilmu marketing itu sendiri bahwa dengan adanya banyak sekali penjual dan berbagai macam produk yang dijualnya maka akan semakin memudahkan konsumen dalam mencari dan memenuhi kebutuhannya. Dan pasar menjadi tempat yang ramai karena harga yang ditawarkannya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di supermarket, di warung rumahan dan penjual keliling.

Pengertian umum pasar dalam ilmu marketing ini tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli. Di pasar tradisional ini transaksi terjadi secara langsung.

Pasar mampu menunjukan tingkat kemampuan ekonomi konsumennya dari ilmu marketing terhadap penjualan yang banyak dibutuhkan oleh konsumen. Itu karena dengan ramainya pengunjung setiap harinya dan produk atau barang yang dijual di pasar dapat dengan cepat mengalami perputaran setiap harinya.

Di pasar tradsional ini akan terus berkembang mengikuti dengan selera konsumennya. Sesuai dengan ilmu mareting bahwa pasar mampu mengembangkan usahanya untuk terus menarik konsumen. Semakin tinggi tingkat kemampuan ekonomi masyarakat maka menunjukan tingkat kecukupan terhadap konsumennya dan tingkat kemampuan dalam memenuhi kebutuhannya.

Dalam sebuah pasar juga terdapat area tersendiri untuk para penjualnnya. Seperti penjual hasil tangkapan laut akan selalu bersamaan dengan penjual lainnya yang menjual hasil laut juga. Dengan adanya pengelompokan area berdasarakan produk atau barang yang dijualnya ini akan semakin memudahkan konsumen dalam mencari kebutuhannya.

Pasar yang memiliki area yang besar akan semakin banyak sekali penjual yang menjual banyak produk atau barang untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Dan akan menjadi pasar yang ramai yang memiliki waktu keramaian pengunjung yang lama. Itu dikarenakan dengan besarnya area pasar maka konsumen akan berusaha untuk mengelilingi seluruh area pasar dalam mencari kebutuhannya.

Konsumen juga akan saling membandingkan harga antar penjual. Dengan begitu juga konsumen akan mengetahui perbandingan harga yang nantinya mempengaruhi terhadap harga pasaran yang sama terhadap suatu produk atau barang yang sama.

Pasar juga diperlukan managemen yang baik. Itu karena akan mempengaruhi ketertiban antar penjual di pasar. Tidak hanya itu dengan manajemen yang baik juga dapat meningkatkan perkembangan pembangunan pasar yang lebih besar lagi. Sehingga akan semakin ramai kembali pasar oleh pengunjung. Dan dapat menunjukan perkembangan tingkat kemampuan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.
Pasar Tradisional Menurut Ilmu Marketing Pasar Tradisional Menurut Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 23.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.