Customer Record Card Dalam Ilmu Marketing

Customer Record Card Dalam Ilmu Marketing
Customer Record Card Dalam Ilmu Marketing


Customer record card dalam ilmu marketing ini merupakan sebuah catatan transaksi dari sebuah konsumen atau outlet terhadap distributor. Customer record card ini merupakan bagian dari distributor. Itu karena dengan adanya customer record card ini maka konsumen akan memiliki history transaksi terhadap distributor. Dengan customer record card ini distributor juga dapat mengetahui kemapuan daya beli konsumennya.

Customer record card ini dibuat khususnya untuk konsumen atau outlet tetap. Karena outlet atau konsumen tetap ini pastinya akan selalu bertransaksi dengan distributor secara rutin. Maka dengan customer record card ini akan memberikan dampak yang positif baik distributor dan juga konsumen atau outletnya.

Pada customer record card ini dapat diketahui banyaknya transaksi konsumen tersebut terhadap distributor dalam setiap waktu atau bulan berupa effective call dalam ilmu marketing. Semakin banyak jumlah transaksi yang dilakukan antara distributor dengan konsumen ini maka semakin menunjukan tingkat kemampuan daya beli konsumen dan tingginya kebutuhan konsumen terhadap produk yang dibutuhkannya.

Tidak hanya menunjukan banyaknya transaksi, bahwa dengan adanya customer record card ini dapat diketahui juga besarnya transaksi konsumen dalam waktu tertentu atau dalam waktu satu bulannya. Dengan begitu dengan dapat mengetahui kemapuan daya beli konsumen ini maka distributor akan memudahkan dalam menentukan target pemasaran untuk mencapai target yang ditentukan.

Customer record card juga dapat menunjukan produktifitas dari distributor tersebut dalam melakukan distribusi produk dan pemasarannya. Dalam sebuah customer record card ini akan terdapat banyak sekali berbagai macam daftar produk yang tersedia pada distributor tersebut. Dengan begitu akan mudah diketahui produk apa saja yang paling banyak digunakan, dikonsumsi oleh konsumennya.

Customer record card ini berbetuk seperti buku catatan yang berisi beberapa daftar nama konsumen atau outlet tetap yang telah lama bekerjasama dengan distributor dan juga telah dipercaya bahwa konsumen atau outlet tersebut dapat diajak bekerjasama dan mampu bertransaksi secara rutin terus menerus dengan distributor tersebut.

Dengan adanya catatan dari customer record card ini maka distributor dan juga principal akan banyak memberikan keuntungan bagi konsumen atau outlet yang telah terdaftar dalam customer record card ini. Semakin besar nilai transaksi dari konsumen atau outlet maka akan mendapatkan banyak keuntungan yang didapat dari distributor atau principal sesuai dengan ilmu marketing.

Customer record card ini tidak hanya dapat digunakan oleh distributor saja, melainkan pada bidang pemsaran lainnya pun dapat digunakan. Seperti hal nya dalam marketing online, bahwa sebuah agen atau suppllier membuat customer record card terhadap para resellernya. Dengan begitu akan mudah diketahui reseller yang mampu bersaing dan berkembang dengan cepat dengan reseller lainnya.

Karena dalam cuatomer record card ini juga terdapat besarnya nilai transaksi maka secara tidak langsung customer record card ini mencatat besarnya penjualan distributor atau agen suppllier tersebut. Oleh sebab itu peranan customer record card ini sangat erat dengan distributor sebagaai catatan banyaknya transaksi dan besarnya nilai transaksi.

Untuk dapat masuk dalam custoer record card ini maka perlu dilakukan NOO (New Open Outlet). Salah satu syarat menjadi bagian dari customer record card ini bahwa konsumen atau outlet tersebut harus mampu bertransaksi secara rutin terus menerus dengan distributor tersebut.

Banyak sekali penghapusan outlet atau konsumen dari daftar customer record card ini yang karena diakibatkan oleh banyak hal, seperti konsumen atau outlet tersebut sudah tidak mampu lagi bertransaksi atau bangkrut, lalu bisa juga terjadi karena konsumen atau outlet yang tidak bertanggung jawab sehingga pergi menghilang begitu saja,dll.

Customer Record Card Dalam Ilmu Marketing Customer Record Card Dalam Ilmu Marketing Reviewed by Rasa Manis on 13.51 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.